TNI Bersama Rakyat, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kandang Sapi

NEWS535 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman resmi meletakkan batu pertama pembangunan kandang sapi di Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (7/1/2023).

Pembangunan kandang sapi itu merupakan bagian dari kerja sama Korem 143/HO bersama masyarakat yang berada disekitar lokasi untuk melindungi sapi yang sedang diternak agar menghindari hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Dalam sambutannya, KSAD mengatakan hal tersebut merupakan bagian pemberdayaan lahan yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara seluas 45 hektar kepada Korem 143/HO.

“Alhamdulillah Bapak Gubernur hibahkan 45 hektar dan ini kami berdayakan membangun kandang sapi dan nantinya ini yang akan dinikmati masyarakat,” ujarnya.

Dudung berharap, sarana itu berdampak kesejahteraan bagi masyarakat dengan berkembangnya ternak sapi yang dimiliki warga.

Lurah Baruga, Burhanuddin mengucapkan terima kasih kepada pihak Korem sebab dengan adanya pembagunan tersebut bisa menjadi salah satu solusi warga yang berternak sapi.

Selama di wilayah tersebut masih banyak warga melakukan ternak secara liar, sehingga menimbulkan keluhan warga lainnya sebab ternak masuk ke lahan pertanian. Hal lain, warga pemilik ternak juga mengeluh sapinya hilang karena dicuri.

“Selama ini sapinya masih diternak liar. Jadi dengan adanya kandang sapi ini bisa di sentralisasi di satu lokasi, sehingga tidak memberikan dampak negatif bagi warga petani yang ada di sekitarnya,” katanya.

Untuk saat ini, peternakan sapi yang dilibatkan ada sekitar 10 orang dengan jumlah ternak yang bervariasi mulai dari 10 ekor sampai 20 ekor.

“Kalau yang ada di dalam kandang sapi ini ada sekitar 40an ekor,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail