NEWS

Trafik Layanan Bakal Naik di Momen RAFI 2023, Telkomsel Regional Sulawesi Perkuat Jaringan di 18 POI

901
×

Trafik Layanan Bakal Naik di Momen RAFI 2023, Telkomsel Regional Sulawesi Perkuat Jaringan di 18 POI

Sebarkan artikel ini
Trafik Layanan Bakal Naik di Momen RAFI 2023, Telkomsel Regional Sulawesi Mutakhirkan Jaringan di 18 POI

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Telkomsel Regional Sulawesi memprediksi adanya kenaikan trafik layanan data / broadband sebesar 8,52 persen di berbagai wilayah Sulawesi dan Maluku Utara disepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri 1444H (RAFI 2023).

Dengan prediksi tersebut, Telkomsel Regional Sulawesi melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel yang telah difokuskan pada 18 Point of Interest (POI) selama momen RAFI 2023.

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Regional Sulawesi Muhammad Idham Kadir menjelaskan, penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan yang mendukung 18 POI juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 651 BTS 4G/LTE dan 6 BTS 5G .

“Telkomsel sejak 2022 secara bertahap dan terukur telah melakukan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 91 kota/kabupaten dan berlanjut hingga tahun ini,” terang Muhammad Idham Kadir dalam keterangannya, Rabu 9 Maret 2023.

Menurutnya, sebagai langkah untuk mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 18 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Sulawesi dan Maluku Utara.

“POI tersebut mencakup 1 area residensial, 13 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), serta 4 masjid raya,” jelas Muhammad Idham Kadir.

Idham Kadir juga menjelaskan, seiring dengan peningkatan kualitas layanan jaringan Telkomsel, pihaknya memprediksikan hal tersebut bakal berdampak pada pertumbuhan aktivitas digital masyarakat selama RAFI 2023.

Pertumbuhan aktivitas digital tersebut seperti layanan streaming video diprediksi tumbuh 8,6 persen, layanan mobile gaming naik 68,9 persen, akses browsing melonjak 2,4 persen, dan akses layanan e-commerce meningkat 20,9 persen.

“Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 5,69 persen serta layanan pesan singkat (SMS) turun sekira 11,66 persen,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page