NEWS

Tren Umroh Kekinian, Ibadah Sekaligus Healing

860
×

Tren Umroh Kekinian, Ibadah Sekaligus Healing

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM–Ibadah Umroh atau sering disebut dengan haji kecil identik dengan ibadahnya orang tua, namun saat ini sudah banyak yang menjalankan ibadah umroh di usia muda.

Menanggapi tren tersebut, Perwakilan Biro Perjalanan Haji dan Umroh Tifa Tour Kendari, Abil Rizal mengatakan baiknya untuk memprioritaskan ibadah dibanding dengan berlibur ke negara lain.

“Secara pribadi saya akan memilih umroh biasa saja, karena jika ingin memperbanyak pahala alangkah baiknya kita fokus di umrah saja, beda hal lagi kalau ingin healing, liburan ataupun berwisata” jelasnya.

Selain itu, jamaah juga terkadang menjadikan ajang “pamer” ketika beribadah umroh, hal ini juga dipicu dengan kecanggihan teknologi dan akses sosial media yang intens.

“Kalau memamerkan momen, seperti foto selfie saat beribadah atau rekam momen itu sudah diluar kehendak saya yah, itu kembali ke pribadi masing-masing, tidak dipungkiri teknologi yang semakin canggih dan pastinya orang yang suka bermedia sosial jadi sering upload, yang jelas saya rasa janganlah berlebihan, karena kita niat ibadah bukan untuk memamerkan” tegasnya.

Menurut Abil, antusias masyarakat menjalankan ibadah umroh saat ini meningkat drastis, baik orang tua maupun anak muda, bahkan salah satu jamaah membatalkan keberangkatan haji untuk berangkat umroh.

“Bahkan yang saya tau itu kemarin Masjidil Haram yang kapasitasnya hanya bisa menampung sekitar 5 juta jamaah, kemarin sempat membludak sampai 8 juta jamaah mengalahkan jamaah haji” ungkapnya.

“Kalau yang membatalkan haji itu sudah daftar sekitar 2 atau 3 tahun, terus daftar umrah, karena faktor umur juga dan ingin cepat berangkat, karena memang antrian haji yang begitu lama” tambahnya.

Selain faktor antrian yang lama, banyaknya orang menjalankan ibadah umroh karena biaya yang sudah relatif standar.

“Kalau tahun-tahun dulu itu malahan umroh murah tapi dianggap mahal, dan sekarang dengan harga standar 30an juta sudah bisa berangkat ke tanah suci, sudah bisa liburan ataupun healing dan paling penting tanpa masa tunggu yang lama” pungkasnya.

Saat ini, untuk haji reguler masa tunggu sekitar 27 tahun, adapun haji khusus dengan masa tunggu sekitar 7-8 tahun, inilah yang kadang membuat jamaah untuk memprioritaskan ibadah umroh.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page