oleh

Tujuh SMP di Baubau Bakal Ikut UNBK Tahun ini

BAUBAU – Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak lama lagi akan melaksanakan Ujian Nasional (UN). Dari puluhan SMP baik negeri maupun swasta di seluruh Kota Baubau, baru 7 sekolah yang siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar tahun 2018.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, Masri menuturkan, tujuh SMP di Kota Baubau yang siap mengikuti UNBK adalah SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 17, SMPN 18, Mts Negeri 1, dan SMP Swasta Darussalam.

“Secara keseluruhan dari 7 sekolah itu siswanya berjumlah 1151 orang,” ungkap Masri di ruang kerjanya, Kamis (22/2/2018).

Lanjut Masri, jumlah tersebut terdiri dari SMPN 3 sebanyak 206 orang, SMPN 4 sebanyak 462 orang, SMPN 5 sebanyak 102 siswa, SMPN 17 sebanyak 115 siswa, SMPN 18 sebanyak 125, Mts Negeri 1 sebanyak 197 siswa dan SMP Swasta Darussalam 59 orang.

Masri menambahkan sekolah-sekolah lainnya yang belum mengikuti UNBK akan mengikuti UN tertulis atau UN seperti biasanya.

BACA JUGA: Lagi, Kepala Dikbud Baubau Bantah ada OTT di Kantornya

“Kendalanya beragam, ada yang sudah punya unit komputer cukup tetapi belum memiliki server. Namun, kendala utama masih jumlah unit komputer yang masih terbatas,” jelasnya.

Kendala lainnya, lanjut Masri, adalah jaringan internet. Dirinya berharap saat ujian nanti jaringan internet bagus sehingga siswa tidak mengalami hambatan.

“Kami sudah menjalin kerja sama dengan pihak Telkom Baubau. Jaringan internet akan diupayakan bagus saat ujian nanti,” pintanya.

BACA JUGA: Kejari Pertanyakan Berkas Perkara ke Polres Baubau Terkait Dugaan Pungli Pejabat Dikbud

Masri menyampaikan, UNBK nanti berlangsung selama empat hari. Mata pelajaran yang diujiankan yakni, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“UNBK nya empat hari, satu mata pelajaran yang diujiankan per harinya,” tandasnya.[sg_popup id=”18″ event=”onload”][/sg_popup]

Reporter: Ardilan
Editor: Jubirman

Terkini