NEWS

Tumbuhkan Semangat Berbagi, SMAN 3 Kendari Gelar Bansos di Bulan Ramadan

643
×

Tumbuhkan Semangat Berbagi, SMAN 3 Kendari Gelar Bansos di Bulan Ramadan

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Proses Kegiatan Ramadan Berbagi SMAN 3 Kendari, Sekaligus Penyerahan Sembako Secara Simbolis

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM–SMAN 3 Kendari, menggelar kegiatan ramadan dengan menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa sembako untuk siswa/i SMAN 3 Kendari.

Kegiatan ini digelar hari ini, Sabtu 1 April 2023, yang diikuti oleh orang tua siswa dan siswa SMAN 3 Kendari yang berjumlah sekitar 60 orang, yang telah dipilih dari pihak sekolah.

Humas SMAN 3 Kendari, Hasri M.Pd menjelaskan bahwa sembako ini berupa beras, indomie dan telur yang telah disumbangkan dari para siswa/i SMAN 3 Kendari.

“Jadi jumlahnya sekitar 60 paket sembako, yang nantinya akan diterima oleh org tua murid yang hadir, ataupun anaknya langsung” jelas Hasri.

Penyediaan sembako ini berasal dari pemberian sukarela para siswa/i yang dikumpulkan melalui pihak OSIS, yang kemudian dibagi kembali sesuai dengan jumlah yang akan diberikan oleh siswa/i.

Penerima bansos ini, menurut Hasri memang dari kalangan yang kurang mampu, seperti penjual sayur, tukang ojek, kuli bangunan, nelayan dll.

“Tapi kami tidak pernah bermaksud untuk menyantuni atau bahkan merendahkan. Kami hanya ingin mengajarkan kepada anak kami, pentingnya berempati dan juga peduli sesama dengan cara berbagi, dan inilah momennya di bulan ramadan” tegasnya.

Kegiatan berbagi yang dilakukan oleh SMAN 3 Kendari rutin dilakukan setiap tahun di bulan ramadan, namun 2 tahun terakhir ini dikhususkan pada siswa/i yang kurang mampu.

“Tahun-tahun sebelumnya ini kita adakan di panti asuhan, tapi 2 tahun terakhir kami adakan di sekolah dan penerimanya juga para siswa/i” tuturnya.

Hasbi mengaku, untuk pemberian bansos pada siswa/i ini merujuk pada pertimbangan lokasi sekolah yang dikelilingi oleh masyarakat yang kurang mampu.

“Dan ternyata mereka juga murid sekolah ini, jadi sebagai bentuk kepedulian, kami memberi contoh dari lingkungan terdekat kita untuk berbagi kepada siswa/i di sekolah” ungkap Hasri.

Indar, seorang ibu rumah tangga sekaligus penerima bansos di SMAN 3 Kendari, mengaku bahagia dengan adanya kegiatan berbagi ini.

“Ini bermanfaat, dan semoga berkah, karena ini dibulan ramadan, dan juga ini sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari” jelas Indar.

Selain itu, Riana juga turut berkomentar dengan kegiatan ini yang merupakan orang tua murid SMAN 3 Kendari.

“Bagus untuk beramal juga, dan mungkin pihak pemerintah daerah yang melihat hal ini, bisa turut memberikan bantuannya bagi yang membutuhkan” tutupnya.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page