oleh

Tunggu Hasil Tes Swab Enam Warga, Satgas Covid-19 Siapkan Skema Karantina Wilayah

Reporter : Hasrun/Editor: Indi La’awu

RUMBIA – Enam warga Bombana menjalani tes swab atau pengambilan sampel lendir di pangkal tenggorokan untuk pemeriksaan dugaan paparan covid19.

Rencananya, swab milik empat warga berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan dua warga berstatus Pasien Dalam Pemantauan (PDP) ini akan kirim ke laboratorium di Makkasar.

Jubir Satgas Covid-19 Bombana, Heriayanto menjelaskan warga berstatus OTG saat ini tengah menjalani karantina di rumah susun (Rusun).

“Yang berstatus OTG sudah ada di rusun, dan satu orang PDP ada di rumah sakit di Konsel, Satu PDP lagi ada di rumah sakit Bahteramas,” kata Heriyanto, di Posko Satgas, Selasa 28 April 2020.

Dikatakannya juga, pihaknya belum bisa memprediksi kapan hasil Swab tersebut dikeluarkan. Namun mestinya hasil laboratorium itu sudah bisa diketahui hasilnya enam atau tujuh hari.

“Mestinya hasilnya bisa diketahui enam atau tujuh hari, itu berarti hari ini atau besok sudah ada. Kita menunggu saja,” ujarnya.

Heriyanto juga menjelaskan, meskipun hasil pemeriksaan swab keenam warga tersebut belum keluar, tetapi Satgas sudah menyiapkan rencana aksi jika hasil swab positif.

“Termasuk bagaimana mempercepat jaring pengaman sosial atau bantuan sosial, kita juga sudah menyusun bagaimana ketersediaan makanan dalam satu kecamatan jika terjadi karantina wilayah. Kita sudah siapkan langkah itu,” terangnya.

Terkini