oleh

UHO Gelar Pemilu Raya melalui Aplikasi SIAKAD

Reporter : Supriyadin Tungga

KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari akan menggelar Pemilihan Umum Raya Mahasiswa (PEMIRA), Kamis 3 Desember 2020 besok. Berdasarkan peraturan Rektor UHO nomor 853 tentang Organisasi kemahasiswaan UHO Kendari dan hasil rapat pimpinan, panitia penyelenggara UHO pada 26 November lalu 2020.

Dalam pelaksanaan PEMIRA kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya degan menggunakan aplikasi SIAKAD  Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan masa pada saat peyaluran hak suara mahasiswa, yang dapat memicu penularan Covid-19.

Dalam pelaksanaan PEMIRA nanti, kurang lebih 42 ribu mahasiswa yang terdaftar sebagai pemilih tetap yang telah ditetapkan dan di pleno oleh KPUM yang akan menyalurkan hak pilihnya untuk memilih Ketua BEM dan Wakil Ketua BEM UHO, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Ketua BEM Fakultas dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas.

Panitia penyelenggara PEMIRA Asfahyadin Aliddin menjelaskan pihaknya sudah menjalin kerja sama dan kordinasi pada pihak IT, KPUM, BAWASTRA, PANITRA, TELKOM dan PLN. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir dan mengantisipasi hal-hal yang akan membatalkan hak suara mahasiswa pada sistem E-Voting.

“Kami seluruh panitia dan tim terlibat yang sudah diberikan amanah oleh bapak Rektor UHO akan bekerja dengan sebaik-baiknya tanpa adanya tendensi atau kepentingan pihak tertentu dan mamastikan semua relasi kerja sama sudah terjalin degan baik,” kata Ketua Panja yang juga sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHO di konfirmasi via sambungan telepon, Rabu 02 November 2020.

Ia menjelaskan PEMIRA kali ini mekanisme pemilihan didesain menggunakan sistem E-Voting melalui aplikasi SIAKAD yang dapat diakses melalui handphone dan laptop/pc agar mahasiswa dapat menyalurkan hak suara di tempat mereka masing-masing.

Dengan demikian, lanjut dia, maka fungsi KPPS ditiadakan dan digantikan dengan sistem. Penyaluran hak suara sendiri dilakukan mulai pukul 09.00 – 13.00 WITA dan hasil perolehan suara akan disampaikan oleh Rektor UHO pukul 16.00 WITA.

Asfahyadin menambahkan alur pemilihan kali ini dilakukan dengan beberapa langkah, dimulai dari mahasiswa login ke SIAKAD untuk mendapatkan TOKEN,dan merubah pasword yang selanjutnya akan digunakan sebagai password masuk pada aplikasi E-Votting untuk memilih calon yang didukungnya.

“Dalam penyelenggaraan ini agar semua relasi bisa bekerjasama degan baik untuk menggsukseskan sehingga mahasiswa dapat menyalurkan suaranya dengan baik untuk menghasilkan pimpinan lembaga kemahasiswaan yang berkualitas, berintegritas dan amanah,” harapnya. (3).

Terkini