NEWS

UHO Kerjasama dengan Yayasan Survei Konservasi Indonesia

496
×

UHO Kerjasama dengan Yayasan Survei Konservasi Indonesia

Sebarkan artikel ini
Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu bersama Direktur YSKI, Mubariq Ahmad.

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Universitas Halu Oleh (UHO) menjalin kerjasama bersama Yayasan Survei Konservasi Indonesia (YSKI). Hal itu ditandai dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman antara dua bela pihak yang berlangsung di Ruang Rapat Rektorat, Selasa (9/5/2023).

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu menyampaikan bahwa kegiatan ini nantinya akan bekerjasama dalam bidang pengembangan tridharma utamanya pada program kolaborasi riset dan advokasi ekonomi sumberdaya pesisir dan laut.

“Titik fokus kegiatan ini nantinya akan lebih banyak untuk menyelamatkan lingkungan Sulawesi Tenggara dari dampak-dampak buruk yang dapat mempengaruhi perkembangan lingkungan,” ujarnya.

Sehingga dari kerjasama ini nantinya UHO bakal melibatkan mahasiswa untuk mengikuti pelatihan dari YSKI agar dapat memahami dan menjalankan program yang nantinya akan dijalankan.

Sementara itu, Direktur YSKI Mubariq Ahmad sebelumnya menyampaikan rasa terima kasih atas keterbukaan UHO untuk menjalin kemitraan. Sebab menurutnya, UHO merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang besar dengan memiliki berbagai potensi dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Adapun yang menjadi titik fokus kami nantinya adalah terkait isu tambang di Sultra yang saat ini tengah mengalami ekploitasi, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang cukup parah.

“Seperti yang telah disampaikan Pak Rektor tadi isu di sini adalah terkait tambang dan dampak-dampaknya dan tentunya itu harus dipahami dengan baik, teliti dengan lengkap. Kemudian bisa diusulkan dengan perbaikan-perbaikan kebijakan pada pemerintah,” terangknya.

Dirinya menerangkan bahwa hal ini sangat perlu dilakukan agar Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki hari ini bisa mengalami keberlanjutan baik, lautan, kehutan, perkebunan.

“Arahnya kan kita ingin membangun pengelolaan Sumber Daya Alam yang berkelanjutan, apa pun itu baik, lautan, kehutanan, perkebunan, kalau tambang itu kan tidak ada tambang berkelanjutan yang ada tambang yang bertanggungjawab,” katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, diharapkan nantinya dengan adanya kerjasama ini UHO bisa berdiri tampil lebih depan agar YSKI bisa melakukan pengawalan yang sifatnya untuk menjaga lingkungan Sultra agar tetap lebih baik.

 

Reporter : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page