oleh

UKM Seni IAIN Kendari Gelar Workshop Tari dan Manajemen Produksi Pertunjukan

-HEADLINE NEWS, SENI-506 dibaca

Reporter : Dedi Hardianto

Editor : Kang Upi

KENDARI – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar workshop tari dan manajemen produksi pertunjukan di Gedung Auditorium IAIN Kendari, Jumat (3/5/2019).

Panitia Penyelenggara, Suciana Safitri Suppu menjelaskan, workhsop digelar untuk menarik minat siswa dan mahasiswa guna melestarikan budaya, serta menambah ilmu, pengalaman serta skill menari. “Kami dibantu senior dari Idea Project untuk menambah wawasan dan pengalaman serta skill menari,” ungkap Ketua Bidang Seni Tari di UKM Seni IAIN Kendari ini.

Workshop yang digelar 3 hingga 4 Mei 2019 ini, kata Suci, diikuti puluhan peserta yang berasal dari lembaga seni serta siswa utusan SMA di Kota Kendari. “Pelatihan ini melibatkan lembaga seni seperti dari Lastra, Faskil dan Siswa SMA Asy-syfiah, untuk latihan Tari Pakarena,” ucapnya.

Membawakan materi dalam kegiatan ini, lanjutnya, yakni Koreografer asal Makassar Ira Rafai didampingi Ari Ashari dari Idea Project. Keduanya, mengajarkan teori tari dan praktek dalam pementasan seni tari.

Rencananya, ungkap Suci, sebagai bagian dari workshop ini, peserta akan tampil pada malam pementasan di Sabtu (4/5/2019) malam, dan disaksikan masyarakat umum. “Kegiatan ini digelar 2 hari, satu hari untuk pelatihan teori tari dan prakteknya, dan satu harinya untuk geladi persiapan pementasan di malam minggu,” tambahnya.

Salah seorang peserta workshop, Ayu yang berasal Laskar Sastra UHO menjelaskan, bahwa kegiatan yang diikutinya ini membantu dirinya mendapatkan ilmu teori serta praktik seni tari. “Kami dapat ilmu, teori, apa lagi tarian itu banyak, jadi menambah tarian baru serta refernsi,” kata Ayu. (A)

Terkini