UMK Gelar Studium General, Ketum Pusat ICMI Jadi Pembicara

NEWS399 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) melaksanakan studium general dengan menghadirkan Ketua Umum (Ketum) Pusat Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof Arif Satria sebagai narasumber dengan mengusung tema “Peran bank dan lembaga keuangan syariah dalam penguatan ekonomi umat” yang dilaksanakan di Gedung Aula UMK Kendari pada Kamis, 29 Desember 2022.

Arif Satria mengatakan perbankan harus berinovasi juga dengan perubahan-perubahan komponen-komponen infrastruknya, apalagi bisnis perbankan juga banyak yang tersaingi dengan fintech, sehingga diera digital perlu adanya penerapan ekonomi syariah.

“Keuangan syariah telah menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di industri keuangan global, bahkan melampaui pasar keuangan konvensional,” katanya melalui siaran virtual.

Rektor IPB juga ini mengatakan hal ini disebabkan keuangan syariah yang memberi cara, kerangka, yang mengatur aset dan transaksi berdasarkan prinsip keadilan dan ketulusan.

“Semua itu terlihat dari mekanisme pembiayaan risiko yang adil dalam pembiayaan syariah serta kehadiran sosial keuangan syariah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPW ICMI Sultra, Prof Usman Rianse menambahkan ICMI berperan untuk memperkecil kesenjangan antara masyarakat termasuk dalam memasuki dunia pendidikan.

“Tujuan dari kegiatan ini guna mengsosialisasikan ekonomi syariah yang dimana ekonomi syariah ini berfokus pada keadilan dan kesejatraan, dan kita juga fokus pada syariah ini, jangan sampai syariah tapi kapitalis,” jelasnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini di buka oleh Rektor UMK, Amir Mahmud dan diikuti Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh melalui virtual, serta di ikuti peserta 60 orang via offline dan puluhan peserta lewat online.

Reporter: Sardin. D