NASIONAL

Umrah bagi Calon Jamaah Indonesia Dibuka Besok

553
×

Umrah bagi Calon Jamaah Indonesia Dibuka Besok

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi jemaah umrah. (pixabay.com/kufarooq)

JAKARTA, MEDIAKENDARI.COM – Ibadah umrah bagi calon jamaah di Indonesia akan kembali dibuka pada 8 Januari 2022. Keputusan ini diambil setelah Kementerian Agama menggelar rapat lintas kementerian/lembaga terkait.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief mengatakan, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jamaah.

baca juga : Ibadah Umrah Mulai Dibuka Mulai 1 November, Ini Usia Maksimal Boleh Berangkat

“PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang akan memberangkatkan jamaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH,” kata Hilman dikutip dari ANTARA melalui Suara.com, Jumat (7/1/2022).

Ketentuan lainnya, kata dia, keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Kepulangan jamaah umrah juga harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Satgas Penanganan COVID-19 Nasional.

baca juga : Kemenag RI Dirikan Pusat Layanan Haji dan Umrah di Baubau, Anggarannya Rp 2,4 Miliar

Keberangkatan empat penerbangan awal mengacu kebijakan umrah satu pintu (one gate policy) dengan menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi pemeriksaan kesehatan dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU.

“Kanwil Kemenag provinsi dan Kemenag kabupaten/kota wajib melakukan pengawasan keberangkatan jamaah umrah di wilayah kerjanya,” ujar dia. (*)

Sumber: Suara.com

You cannot copy content of this page