BREAKING NEWS

Upacara HUT RI Ke-76 di Buteng Sukses Dihelat

340
×

Upacara HUT RI Ke-76 di Buteng Sukses Dihelat

Sebarkan artikel ini
Penaikkan sang saka merah putih pada peringatan HUT RI ke 76 di Buton Tengah, Selasa, 17 Agustus 2021

Reporter : Syaud Al Faisal

BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses menyelenggarakan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-76 secara sederhana dan terbatas, yang dilaksanakan di lapangan Tangkalawa, Lakudo, Selasa 17 Agustus 2021.

Pada peringatan hari proklamasi kemerdekaan RI tersebut, Bupati Buteng, H Samahuddin bertindak sebagai inspektur upacara (irup) dengan komandan upacara dipimpin, Letda Inf. La Doa, sedangkan teks proklamasi dibacakan oleh ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto serta pembaca doa Kepala Kemenag Buteng, Khalifah.

Sementara itu, ditunjuk sebagai pembawa bendera yaitu Syabilla Lola Nugroho, siswi yang berasal dari SMAN 1 Mawasangka, sementara pembentang bendera atas nama Akrim, siswa dari MAN 1 Buteng.

Samahuddin mengatakan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sejatinya membangkitkan daya juang generasi bangsa saat ini dan masa mendatang agar jiwa patriot selalu terpatri dalam jiwa seluruh masyarakat Indonesia.

“Perjuangan membela bangsa tak hanya berhenti saat para pejuang berhasil merebut kemerdekaan tahun 1945. Akan tetapi, semangat merah putih perlu kita kibarkan saat ini dan masa mendatang,” ujarnya.

Suami Hj Jusniar Samahuddin menambahkan walaupun situasi pandemi Covid-19 belum redah dan hingga kini masih berlangsung, tapi semangat membangun daerah tak boleh surut sesuai misi HUT RI tahun ini “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

“Iya, walaupun pandemi belum usai, semangat membangun perlu kita tingkatkan. Hal ini pula kita lakukan demi kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Upacara i HUT RI ke-76 tahun 2021 merupakan upacara terkahir samanhudi, pasalnya, batas akhir jabatannya sebagai bupati berakhir Mei 2022 sejak terpilih tahun tahun 2017 lalu. Olehnya itu, Pihaknya meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap bekerja secara ikhlas dan semangat demi kemajuan Buteng berkah.

“Jabatan saya akan purna Mei 2022 mendatang. Oleh karena itu, para ASN perlu giat lagi dalam bekerja agar apa yang sudah kita canangkan dalam membangun daerah bisa bernilai positif demi kemajuan daerah yang kita cintai bersama,” pesannya.

Untuk hasil kinerja sendiri Samahuddin sendiri enggan membeberkan keberhasilannya membangun Buteng. Menurut dia, hasil kinerjanya 4 tahun ini, biarlah masyarakat yang menilai sendiri, yang jelas, upaya dalam membangun daerah telah ditunaikan walaupun belum sempurna dan kuasa sepenuhnya kepada masyarakat untuk memberikan penilaian.

“Saya tidak bisa memuji diri sendiri, biarkan masyarakat Buteng sendiri yang menilai, Artinya saya sudah berkerja sesuai amanah masyarakat saya telah jalankan hingga akan memasuki lima tahun menjadi bupati,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto mengungkapkan kemerdekaan yang diperoleh melalui perjuangan dengan tetesan darah para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raganya untuk melawan penjajah.

“Usia yang relatif tua bagi ukuran kehidupan manusia oleh karena itu kita sebagai generasi penerus, mari kita lanjutkan dan kobarkan semangat arti perjuangan bagi para pendiri bangsa ini, untuk mengisi kemerdekaan dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap utuh,” ungkapnya.

Bobi berpesan kepada seluruh masyarakat Buteng untuk bangkit bersama memutus mata rantai virus Covid-19 agar keluarga, tetangga maupun kerabat bisa terhindar dari penyebaran virus mematikan tersebut.

“Kami berharap semoga virus ini bisa cepat selesai agar ekonomi daerah bisa kembali stabil seperti hari biasanya,” tutupnya.

Sekedar informasi, upacara peringatan HUT RI tahun 2021, hanya diikuti oleh dua Kecamatan yang ada di Buteng, yaitu Kecamatan Gu dan Kecamatan Lakudo. Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh OPD yang ada di daerah itu.
Usai upacara dilanjutkan dengan penganugerahan tanda kehormatan Satya Karya Satya bagi ASN Pemkab Buteng yang telah mengabdi 10, 20, dan 30 tahun. (advetorial)

You cannot copy content of this page