NEWS

Upaya Mewujudkan Murid-murid Berkualitas dan Berdaya Saing, Bupati Konawe Lantik Pengurus MKKS

300
×

Upaya Mewujudkan Murid-murid Berkualitas dan Berdaya Saing, Bupati Konawe Lantik Pengurus MKKS

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Saat membacakan Surat Keputusan para pengurus Musyawara Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP dan sederajat se- Kabupaten Konawe periode masa bakti 2021-2024.

Redaksi

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melantik pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP dan sederajat tingkat Kabupaten periode masa bakti 2021-2024, Selasa 20 Februari 2021.

Bupati Kabupaten Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengatakan pengurus MKKS dilantik karena akan menjadi wadah pencerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Wilayah Kabupaten Konawe dengan menjalankan fungsi dan tupoksinya.

Ia mengungkapkan dari kinerja para Kepala Sekolah (Kepsek) pihaknya menginginkan murid-murid berkualitas dan berdaya saing dapat dibina.

Menurutnya, MKKS akan menjadi agen dalam upaya meningkatkan kompetensi pembelajaran untuk mewujudkan insan Indonesia yang beriman, cerdas dan kompetitif.

“Ini bisa menjadi wadah silaturrahmi para kepala sekolah (Kepsek) dalam menjalankan tugasnya. Bukan hanya sebatas pada membuat program tetapi juga harus mampu menyusun organisasi sekolah dan kegiatan lainnya,” ucap Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya.

Ketgam: Para pengurus Musyawara Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP dan sederajat se- Kabupaten Konawe periode masa bakti 2021-2024.

Orang nomor satu di Kabupaten Konawe itu menjelaskan sebagai agen pembelajaran, Kepsek dituntut harus mampu dan memiliki lima jenis kompetensi yakni kompetensi manajerial, kewirausahaan, supervisi, kepribadian dan kompetensi sosial.

“Sehingga sekolah yang dipimpinnya bisa benar-benar maju dan bersaing dengan sekolah lain di Indonesia sesuai tujuan pendididkan,” ujarnya.

Politisi PAN ini menguraikan terdapat beberapa hal yang menjadi tanggung jawab seorang Kepsek yang perlu dikerjakan secara bersama-sama dengan para guru diantaranya membuat program sekolah, pengorganisasian sekolah, mengkoordinasi sekolah, menjalin komunikasi sekolah, menata kepegawaian sekolah dan mengatur pembiyaaan sekolah.

“Kompetensi kepala sekolah dapat diartikan sebagai kebutuhan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diwujudkan dalam bentuk perangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab yang dimiliki seorang kepala sekolah dalam memangku ntanggung jawab sebagai orang nomor satu di sekolah,” tuturnya.

Ia berjanji dirinya tidak akan segan-segan memberikan izin dan kesempatan kepada para kepala sekolah, guru dan staf yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi demi peningkatan kualitas pendidikan diwilayahnya.

“Kalau ada kepala sekolah atau guru yang berprestasi kita akan berikan izin untuk sertifikasi maupun yang akan mengikuti penataran sesuai kebutuhan sekolah,” ungkapnya.

Bupati dua periode itu berharap melalui pelantikan dan musyawah ini para Kepsek di wilayahnya semakin meningkatkan kinerjanya.

“Tidak terlepas dari tugas kepala sekolah, dimana harus mampu menata lingkungan sekolah baik lingkungan psikologi siswa yang ditunjukkan dengan harmonisasi. Siswa dan guru serta kepala sekolah juga menjaga lingkungan fisik dalam hal ini keindahan lingkungan sekolah maupun ruang tempat belar dan kantor,” pungkasnya./ADV

You cannot copy content of this page