NEWS

Upgrade Kapasitas OPD, Pemkot Kendari Hadirkan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri

682
×

Upgrade Kapasitas OPD, Pemkot Kendari Hadirkan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Pemerintah Kota Kendari mensosialisasikan peningkatan sumber pembiayaan pembangunan daerah tahun perencanaan 2024 di Ruang Samaturu Balai Kota Kendari pada Kamis, (06/04/23).

Sosialisasi tersebut dibawakan langsung Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Agus Fatoni. Saat diwawancarai dia mengatakan ini merupakan sosialisasi kebijakan, perundang-undangan, dan peningkatan kapasitas SDM.

“SDM itu sangat penting karena dari SDM mengelola uang, menjalankan program, dan membuat program. Kita juga membahas bagaimana mengoptimalkan sumber pendapatan. Banyak sumber pendapatan sangat banyak tapi perlu dioptimalkan,” katanya.

Dia melanjutkan disampaikan juga bagaimana pengelolaan keuangan agar keuangan tepat sasaran, memiliki perencanaan yang tepat dan mampu menjaga akuntabilitasnya.

“Akuntabilitas itu penting, bukan hanya di anggarkan tapi juga bagaimana bisa dirasakan masyarakat atau pertanggungjawabannya itu benar,” bebernya.

Tak hanya itu dia juga memberikan hal-hal yang perlu ditingkatkan yakni komitmen, SDM, serta peningkatan potensi yang ada di Kota Kendari.

Sementara itu penjabat Walikota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan pihaknya sengaja mengundang Dirjen Bina Keuangan Daerah ini untuk memberikan pencerahan terkait kebijakan daerah baik itu pengelolaan maupun pertanggungjawabannya.

“Karena dirasakan bahwa perlu ada upgrade kapasitas bagi para OPD baik itu pimpinan maupun pelaksana sehingga frekuensinya sama baik tentang kebijakan maupun teknis pelaksanaan anggaran,” ujarnya

Dia mengaharapkan ini bisa menjadi motivasi bagi Pemkot Kendari dalam rangka pengelolaan APBD yang akuntabel dan peningkatan pendapatan daerah dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan daerah.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page