UPT Perpustakaan UHO Tingkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa dan Dosen

NEWS361 dibaca

KENDARI – MEDIAKENDARI.COM: Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) mendorong pentingkatan kemampuan menulis bagi mahasiswa dan dosen.

Peningkatan kemampuan tersebut dilakukan melalui Workshop Penulisan Karya Ilmiah yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin, 28 November 2022.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UHO, La Aba dalam sambutannya mengungkapkan, penulisan karya ilmiah ini merupakan suatu hal yang penting.

Baca Juga : PKB Sultra Bakal Dorong Kader di Pilkada Wilayah Konawe Raya

Selain untuk membantu peningkatan kemampuan menulis karya ilimiah, pelaksanaan workshop ini merupakan implementasi perjanjian rektor dengan menteri.

La Aba juga mengapresiasi pelaksanaan workshop ini karena disebutnya sebagai yang pertama kali dilaksanakan, sebab umumnya workshop penulisan karya ilmiah hanya ber fokus kepada dosen.

“Tentu saja harapan kami setelah mahasiswa mengikuti kegiatan ini untuk mendapatkan pengetahuan terutama keterampilan bagaimana menulis tugas akhir menjadi karya ilmiah,” terang La Aba.

Dirinya berharap, berharap dengan adanya workshop yang diikuti dosen dan mahasiswa bisa menjadi titik temu untuk menentukan benang merah antara keduanya.

“Diharapkan bisa ada kemiripan antara penelitian dosen dengan tugas akhir mahasiswa, kalau di jurusan kami memang di sarankan supaya ada benang merah antara karya dosen dan mahasiswa,” jelas La Aba.

Senada hal itu, UPT Perpustakaan UHO, Muhammad Alim Marhadi menjelaskan, jika pihaknya telah beberapa kali menggelar workshop dengan focus peserta adalah pada dosen.

Baca Juga : Cegah Stunting Melalui Pemantauan Tumbuh Kembang Anak

“Di UHO itu sudah sering melaksanakan kegiatan workshop ini tapi semua fokus kepada dosen tidak ada yang berpikir untuk mahasiswa, maka UPT Perpustakaan UHO antusias gelar kegiatan ini,” terang Muhammad Alim Marhadi.

Menurutnya, dalam pelatihan peserta dilatik bagaimana mengambil referensi secara baik dalam membuat daftar pustaka yang berkualitas serta materi lainnya.

“Kita latih bagaimana mengambil referensi yang baik dan benar yang tida melanggar aturan lalu kemudian bagaimana mengkonfersi tugas akhir menjadi artikel ilmiah,” ujar Muhammad Alim Marhadi.

Laporan: Nia Ananda / Nur Shalehah