oleh

URI USA – Sultra Indonesia Bahas Empat Poin Kesepakatan Kerjasama

-NEWS-315 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Universitas Rhode Island (URI) Amerika Serikat siap melaksanakan sejumlah program, dimana terdapat empat poin penting dalam kesepakatan kerjasama tersebut.

Hal tersebut kian mengerucut dalam pertemuan yang berlangsung, kemarin, bertempat di Jakarta Selatan, dimana Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD bertindak selaku penerjemah antar kedua belah pihak.

Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD mengatakan, empat poin penting tersebut terkait penjernihan air tanah maupun air permukaan, pengelolaan pariwisata yang berkelanjutan, pengembangan perikanan dan kelautan, serta pengembangan kapasitas SDM melalui short training maupun studi lanjut S2 dan S3 di URI Amerika Serikat.

Baca Juga : Wisuda UHO Gelombang Kedua, Putri Nelayan Asal Kabupaten Muna Jadi Wisudawan Terbaik

Dalam pertemuan tersebut, pihak URI Amerika Serikat dihadiri oleh Wakil Rektor, Dr Kirstin Johnson, Dekan Lingkungan dan Ilmu Hayati, Dr John Kirby, dan Direktur Kemitraan Internasional, Brook Wiliams Ross. Sedangkan pihak Pemprov Sultra oleh Pj Sekda Pemprov Sultra sekaligus bertindak sebagai penerjemah, Bappeda, Dinas Perikanan dan Keluatan, Dinas Cipta Karya, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, dan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

“Jadi dalam pertemuan lanjutan ini, kedua belah pihak membahas lebih detail lagi terhadap program-program yang akan dilaksanakan, baik itu berkenaan dengan pendidikan akademik, pelatihan, kerjasama penelitian, proyek pengembangan staf daerah, serta konservasi keanekaragaman hayati. Kesemuan garis besar program memuat sekitar empat poin hal penting, yakni terkait air bersih, pariwisata berkelanjutan, pengembangan perikanan dan kelautan, serta peningkatan kapasitas SDM,” tutur pria luluan S3 The Australian National University of Canberra ini.

Baca Juga : Peringati Maulid Nabi, Kajati Sultra Titip Pesan ini

Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini mengakui, kerjasama tersebut merupakan kesempatan baik bagi Sultra, karena Bumi Anoa masuk dalam tujuan kerjasama di Indonesia.

“Ini merupakan kesempatan langka dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan daerah Provinsi Sultra. Misalnya terkait upaya penjernihan air tanah maupun air permukaan, termasuk peningkatan kapasitas SDM karena URI Amerika Serikat memiliki tenaga ahlinya,” terang peraih peringkat satu rata-rata Indeks Efektivitas Tertinggi Layanan Pendidikan se-Sultra tahun 2019, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Sultra ini.

Sementara itu, Director Director Business and Business Education Partnerships Asia, URI, Amerika Serikat, Brook Williams Ross menerangkan, sebelum pertemuan tindak lanjut tersebut dilakukan, pihaknya lebih dulu telah melayangkan surat permohonan pertemuan kepada Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH dan pihaknya berterimakasih atas respon yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sultra, dalam hal ini melalui Pj Sekda Pemprov Sultra.

Baca Juga : Sepanjang Oktober 2022, 17 Ribu Kendaraan di Sultra Sudah Daftar Subsidi Tepat

Melalui surat yang dilayangkan sebelumnya tertanggal 27 Oktober 2022, masih dia, pihak URI Amerika Serikat ingin bertemu dengan pihak atau delegasi dari Provinsi Sultra guna membahas bagaimana pihaknya dapat membantu seperti dalam pengembangan SDM bagi Provinsi Sultra.

“Ini merupakan lanjutan dari penandatanganan MoU URI Amerika Serikat- Provinsi Sultra terkait program manajemen perikanan tangkap, perikanan berkelanjutan, restorasi terumbu karang, ekonomi sumber daya pesisir, pulau-pulau kecil dan alam, kesehatan umum, dan lain-lain,” ucapnya.

Dia menambahkan, sebelumnya Universitas Rhode Island telah memiliki MoU dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang ditandatangani oleh Bapak Gubernur Ali Mazi pada bulan Oktober 2019 di Rhode Island, USA.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari