BUDAYABUTON UTARANEWSWISATA

Visi Bupati : Memperkenalkan Butur Melalui Budaya Barata Kulisusu

857
×

Visi Bupati : Memperkenalkan Butur Melalui Budaya Barata Kulisusu

Sebarkan artikel ini
Bupati Buton Utara, H. Abu Hasan bersama peserta karnaval. Foto : Istimewa

Reporter : Safrudin Darma
Editor : Wiwid Abid Abadi

BURANGA – Budaya Kulisusu, merupakan bagian dari salah satu kekayaan budaya di Indonesia. Sama dengan budaya lainnya, Budaya Kulisusu wajib dilestarikan, sebab budaya dapat membentuk karakter masyarakat, menjaga sikap, tingkah laku dan tutur kata.

Tak hanya itu, budaya merupakan identitas seuatu daerah, yang bisa membuat daerah itu dikenal luas. Demikian sambutan Bupati Buton Utara (Buton), Abu Hasan, saat meresmikan perayaan acara puncak Kabengka 40 anak kurang mampu di lapangan Raja Jin Kulisusu, Rabu (14/8/2019).

Abu Hasan menambahkan, dirinya sebagai Bupati terus mendorong jajaranya untuk berinofasi, mengajak seluru pihak, termasuk lembaga adat dan tokoh agama, untuk melestarikan Budaya Buton Utara, yang didalamnya penuh dengan nilai-nilai, baik itu nilai sosiologis, antropologis ataupun nilai spritual.

BACA JUGA :

Abu Hasan bilang, ia memerintah Dinas Pariwisata untuk melaksanakan atraksi budaya selama 12 kali dalam setahun. “Kegitan tersebut menjadi bentuk upaya terus melestarikan nilai-nilai budaya, agar setiap generasi sampai dimasa-masa mendatang, tidak meninggalkan budayanya dan tidak digerus oleh budaya asing yang bertentangan dengan nilai budaya dan spritual,” jelasnya.

Kata Abu Hasan, jika budaya dan ekatifan lokal terputus pada satu generasi, maka akan berdampak buruh bagi daerah.

“Kalau nilai-nilai budaya dan spritual terputus pada satu generasi, dan tidak berkesinambungan, maka saya memastikan bahwa terlalu mahal konsekwensi negatif yang muncul ditengah masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati juga memperkenalkan kekayaan yang dimiliki daerahnya. “Butur cukup kaya dengan destinasi wisata, punya manggrov yang terluas di Sultra, punya danau, air panas, air terjun. Untuk itu saya mengundang berbagai pihak untuk berinfestasi di Butur,” jelasnya.

“Bukan hanya pertanian organik yang dapat mengangkat nama baik daerah, melalui budaya, wisata alam dan kekayaan kuliner, juga bisa mengangkat perekonomian dan mengharumkan nama baik Buton Utara di tingkat nasional maupun manca negara,” tutupnya. (B)

You cannot copy content of this page