NASIONAL

Wa Ode Rabia Ajak Masyarakat Berpartisispasi Dalam Sensus Penduduk 2020

446
×

Wa Ode Rabia Ajak Masyarakat Berpartisispasi Dalam Sensus Penduduk 2020

Sebarkan artikel ini
Anggota DPD RI Waode Rabia usai bertandang di Kantor BPS Sultra. (Foto: ist)

Reporter : Rahmat R.

KOLAKA – Anggota DPD RI, Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan berpartisipasi dalam pengisisan Sensus Penduduk 2020 di kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin 9 Maret 2020.

Menurutnya, sensus penduduk yang dilaksanakan 10 tahun sekali harus didukung seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan. “Sensus penduduk bisa berjalan baik jika bersama-sama ikut berperan aktif dalam pengisian data SP2020,” kata Rabia.

Pimpinan BKSP DPD RI ini mengatakan, data penduduk dalam SP2020 akan menjadi dasar pemerintah dalam membuat berbagai kebijakan, seperti pendidikan, pangan, kesehatan, perekonomian serta kesejahteraan sosial.

Selain itu, sensus penduduk menjadi parameter demografi dan proyeksi soal fertilitas, mortalitas, migrasi, dan karakteristik lainnya untuk indikator tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Jadi masyarakat diharapkan mengisi data dengan sejujur-jujurnya. Karena informasi yang anda (bapak-Ibu) berikan sangat menentukan pembangunan pemerintah kedepan,” terang Senator Muda asal Sultra ini.

Ia melanjutkan, SP2020 adalah jembatan menuju satu data kependudukan Indonesia yaitu sebuah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, terpadu, mutakhir, serta dapat dipertanggung jawabkan.

Data SP2020 dapat dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah sebagaimana tertuang dalam Perpres No.39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, ucap srikandi muda Sultra ini.

Menurut anggota Komite II DPD RI ini, sensus penduduk penting untuk pembangunan Sultra. Sultra harusnya menjadikan data BPS untuk mengukur arah dan keberhasilan pembangunan merujuk data Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Ia berharap gubernur, wali kota, dan bupati untuk ikut serta menyukseskan program tersebut. “Semua OPD hingga pemerintah kecamatan dan desa harus bergerak mensosialisasikan sensus penduduk agar berjalan lancar dan cepat,” ujarnya.

Wa Ode Rabia mengajak masyarakat Sultra untuk mendukung penuh SP 2020 dengan cara mengisi data diri secara mandiri sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang.

“Ayok kita dukung SP2020 dengan cara mengisi data diri secara mandiri atau menerima kunjungan petugas sensus pada Juli 2020,” tutupnya.

You cannot copy content of this page