oleh

Wabup Konawe Panen Lele Hasil Program 1.000 Kolam

Reporter: Muh Ardiansyah R
Editor: La Ode Adnan Irham

KONAWE – Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Gusli Topan Sabara turun menyaksikan langsung panen Lele Sangkuriang di Desa Anggohu, Kecamatan Tongauna Utara, Jumat (17/1/2020).

Panen Lele Sangkuriang merupakan program 1.000 kolam yang menjadi program unggulan Pemkab Konawe, dalam rangka meningkatkan taraf hidup warga.

Katanya, fokus utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga pada kelompok pembudidaya Lele, yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konawe.

“Sehingga bisa mendapatkan income yang akan berefek pada peningkatan kesejahteraan, kalau pun hasil penennya berlebih, baru dikomersilkan atau dijual,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DKP Konawe, Gunawan Samad melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Usaha Budidaya, Indriana Ripin menjelaskan, total benih yang dibagikan kepada kelompok pembidudaya saat itu adalah 10 Ribu ekor dan benih yang dapat bertahan kisaran 70 persen.

“Pembudidaya bilang kemungkinan benih yang bertahan hingga panen itu 70 persen atau 7.000 ekor, sudah ada pengepul yang bersedia membeli hasil panen kami,” ungkapnya Indri.

Terkini