oleh

Wabup Konawe Selatan Minta OPD Genjot Pendapatan Daerah

 

Reporter: Erlin

KONAWE SELATAN – Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Rasyid meminta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan lurah kabupaten setempat untuk mengoptimalkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurut Rasyid, PAD merupakan salah satu pilar kemandirian daerah dan arteri penting dalam menyokong pembangunan di semua aspek.

Dengan memaksimalkan penerimaan PAD, kata Rasyid, maka secara otomotis berdampak terhadap peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Konawe Selatan itu sendiri.

“Optimalisasi PAD secara ekstensifikasi dengan peningkatan perolehan pajak dan retribusi. Untuk intensifikasi melalui pemberdayaan seluruh penarik pajak, termasuk pemberian target persentase penerimaan pada OPD, Camat dan Lurah,” jelas Rasyid saat memimpin rapat evaluasi di lantai dua Ruang Rapat Kantor Bupati Konawe Selatan pada Senin, 24 Mei 2021.

Rasyid menambahkan, capaian PAD juga dapat dipandang sebagai salah satu indikator keberhasilan dan evaluasi kinerja para pimpinan OPD.

Olehnya itu, ia berharap agar pimpinan OPD bersama jajaran memaksimalkannya dengan menggali potensi pajak dan retribusi, baik yang telah ada maupun sumber baru.

“Semua pimpinan OPD terkait, camat, lurah wajib capai target penerimaan PAD. Data ulang dan maksimalkan seluruh sumber potensi diwilayah kerja masing-masing. Ini juga untuk mengukur kepatuhan hukum wajib pajak yang bermanfaat demi kemakmuran masyarakat dan keberhasilan program pembangunan daerah kita,” pungkasnya. (C)

Terkini