oleh

Wabup Konsel Sebut Pilkades Serentak Bakal Digelar April Mendatang

ANDOOLO – Bertempat di Aula Pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) Arsalim Arifin, menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama para Camat se-Konsel dalam rangka optimalisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2018, pada Selasa (20/2/2018).

Mengawali arahannya, Arsalim menyampaikan, dalam menghadapi tahapan Pilkades serentak yang akan jatuh pada April 2018, terdapat beberapa permasalahan teknis yang perlu menjadi perhatian, yakni proses pembentukan Panitia Pilkades yang harus memiliki kompetensi dan berintegritas, mampu bekerja secara profesional dan independent yang tidak berpihak pada salah satu calon.

“Misalnya ada kekurangan berkas atau tidak mampu memenuhi syarat lainnya jangan diloloskan, seperti mengeluarkan surat keterangan memiliki ijazah terakhir agar tidak terjadi permasalahan berlarut-larut hingga menjadi konflik horisontal antar simpatisan,” ucapnya dalam Raker.

Arsalim juga mengungkapkan, pihaknya juga akan memberikan laporan dan konsultasi ke tingkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal menggelar pilkades serentak.

“Dalam dua hari ini saya (Arsalim, red) perintahkan Kadis DPMD untuk berkomunikasi dengan mereka (Pemprov Sultra, red) sekaligus pihak Kepolisian dan pihak terkait agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tambah Arsalim.

“Pilkades sangat rawan jadi harus serius perlakuannya dan berhati-hati dalam mengikuti setiap tahapannya. Para Camat harus menjaga netralitas, dan jika ada sengketa akan diselesaikan di tingkat Kecamatan, selanjutnya Kabupaten hingga ke tingkat Pengadilan jika belum ada solusi dan jalan keluarnya,” tutupnya.

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini