oleh

Wabup Konsel Terpilih Jadi Ketua Pramuka Kwarcab Periode 2018-2022

ANDOOLO – Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Konawe Selatan (Konsel) dibuka oleh Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin yang dihadiri para pengurus kwartir ranting kecamatan se-Konsel di gedung SMPN 1 Ranomeeto, Senin (26/2/2018) Pagi.

Muscab pramuka tersebut diselenggarakan dalam rangka memilih ketua dan pengurus baru yang pada hari tersebut berakhir masa jabatannya. Sesuai pandangan dan kesimpulan rapat para pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) kecamatan yang memiliki hak pilih, karena kehadiran peserta yang kuorum, akhirnya memutuskan secara aklamasi untuk menetapkan Wabup Konsel, Arsalim Arifin menjadi Ketua Kwarcab Konsel untuk masa bakti 2018-2022.

Wabup Konsel, Arsalim Arifin dalam sambutannya mengapresiasi atas kepercayaan yang Kwarran amanahkan terhadap dirinya sebagai ketua Kwarcab. Atas nama Pemda, Arsalim memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja selama lima tahun di bawah kepemimpinan pengurus sebelumnya yang mampu melaksanakan kegiatan dengan optimal walaupun dengan dana terbatas seperti mengirim perwakilan pada raimuna dan Jambore.

“Dan di bawah kepemimpinan saya, akan kita benahi struktur organisasi kepramukaan Kwarcab mulai dari tingkat ranting dengan tetap berkoordinasi dengan pengurus lama dan pihak terkait, sehingga setiap program yang akan kita jalankan bisa berjalan baik dan bisa menggaungkan nama Kwarcab Konsel baik level regional maupun nasional,” tutur Arsalim.

Lanjut Arsalim, langkah awal yakni menyiapkan lokasi Outbond seperti di Australia yang memiliki sarana dan pra sarana lengkap dan memadai. Tambahnya, untuk mendukung perkemahan akbar nantinya, dan untuk sumber pembiayaannya tidak berharap dari APBD saja tapi menggandeng pihak sponsor dari CSR perusahaan swasta yang ada di Konsel.

BACA JUGA: DJSN Gelar Edukasi Publik, Wabup Konsel Sebut Pemerintah Pusat Taruh Perhatian Khusus

“Terkait anggaran, telah didiskusikan melalui ABPD 2018 dan akan didukung dana sebanyak 200 Juta untuk pengembangan dan pembinaan peserta didik, pelatih, pembina maupun gugus depan Kwarcab, serta bersinergi dengan pihak sekolah sebagai persiapan menghadapi kegiatan akbar kedepannya seperti perkemahan dalam rangka HUT RI dan HUT Pramuka,” ungkapnya.

Lanjutnya, semua hal tersebut bertujuan untuk menyiapkan gerakan pramuka agar berperan lebih banyak dalam pembangunan dan menumbuhkan minat generasi muda jadi kader pembangunan dan kader pempimpin yang tangguh, bertanggung jawab, berwatak dan berkarakter serta bermoral pancasila.

“Dan sejalan dengan visi misi Pemda Konsel mewujudkan masyarakat berintelektual, unggul, amanah dan sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, mantan ketua Kwarcab pramuka Konsel, Rustam Silondae menambahkan, bertolak dari keadaan dan kondisi Kwarcab saat dirinya sebagai pengurus, maka berbagai faktor dan kondisi perlu dibenahi diantaranya sarana dan pra sarana.

“Administrasi dan organisasi masih minim baik sarana perkantoran maupun sarana lainnya yang menunjang kegiatan organisasi, serta masih kurangnya tenaga pembina yang profesional dan sukarelawan untuk melaksanakan tugas organisasi,” tambah Rustam.

Reporter: Erlin
Editor: Jubirman

BERITA TERKAIT :

Terkini