oleh

Wabup Muna Kampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun Dikalangan Pelajar Usia Dini

Reporter: Arto Rasyid

MUNA – Turut memperingati hari cuci tangan pakai sabun (CTPS) sedunia, Pemerintah Kabupaten Muna melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mengkampanyekan cuci tangan dikalangan pelajar usia dini

Kampanye CTPS yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober itu dilakukan untuk memberikan edukasi terhadap peserta didik usia dini meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencuci tangan setiap saat sebagai cara efektif dan terjangkau mencegah penularan Covid-19 serta penyakit dari virus atau bakteri yang menempel pada tangan.

Pramuka

Adapun seruan kampanye CTPS diselenggarakan ditiga sekolah berbeda yakni di pendidikan anak usia dini (Paud), sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang dibuka secara simbolis oleh Wakil Bupati (Wabup) Muna, Bachrun didampingi sang istri.

Dalam pembukaan pencanangan kampanye CTPS yang akan dilakukan serentak diseluruh sekolah tingkat Paud, SD dan SMP selama bulan Oktober itu, turut dihadiri Kepala Dinas Dikbud, Ashar Dulu, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan, Samaul Bait, Kabid Pembinaan SD, Karim Darma beserta rombongan TP PKK Muna.

Bachrun dalam sambutannya mengatakan kampanye CTPS digalakan sebagai bantuk upaya merubah perilaku sederhana anak usia dini untuk hidup bersih dan sehat.

Menurut pasangan Rusman Emba itu, tidak hanya dimasa pandemi Covid-19 saja CTPS harus digalakan, namun sebenarnya membiasakan diri selalu mencuci tangan setelah melakukan rutinitas apapun merupakan pola hidup bersih dan sehat dengan tujuan agar kuman atau bakteri pada tangan bisa mati dan terhindar dari penyakit.

“Kesehatan memang bukan segalanya tapi tidak berarti dan bergunanya hidup jika tidak sehat, maka pentingnya berperilaku hidup bersih sebagaimana firman Allah SWT kebersihan sebagian dari iman,” ungkap Bachrun dihadapan murid SD Negeri 6 Raha Jumat, 15 Oktober 2021.

Menurutnya, kampanye CTPS diseruhkan disekolah karena peserta didik akan menjadi duta bagi diri sendiri, keluarga, teman serta lingkungan sekitarnya untuk membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat yang tidak hanya dilakukan di sekolah melainkan baik dirumah maupun ditempat tempat fasilitas umum.

“Jadi tujuan dari kampanye CTPS untuk membiasakan anak anak sejak dini agar tercipta pola hidup bersih dan sehat tentunya dengan harapan masyarakat kabupaten muna semuanya sehat,” harapnya.

Pantuan MediaKendari.Com, pembukaan pencanangan CTPS yang digalakan disekolah oleh Wakil Bupati Muna, Bachrun beserta rombongan disambut dengan tarian dan pengalungan bunga. Peserta didik juga tampak antusias.

Bahcrun dengan senang hati ikut memberikan contoh cara mencuci tangan dengan benar kepada seluruh peserta didik.

Terkini