Wagub Sultra Sebut PAD Bisa Meningkat Bila Eks MTQ Dikelola Pemkot Kendari

NEWS302 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas menyebut, pengelolaan eks MTQ

dianggap akan lebih bermanfaat setelah diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk diambil alih pengelolaannya demi terjaganya keamanan yang justru berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Orang Nomor Dua di Sultra ini mengatakan eks MTQ merupakan aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra namun diserahkan ke Pemkot Kendari untuk perawatan kebersihan dan keamanannya.

“Karena terlalu luas kita punya aset di Eks MTQ itu kurang lebih hampir lima hektare (ha). Kalau dibiarkan bertahun-tahun kan kotor, pengalaman habis diturunkan rehab tahun ini beberapa bulan sudah rusak, karena tidak ada yang amankan dan pelihara. Sehingga Pemprov Sultra menyerahkan pengelolaannya untuk keamanannya dan untuk aset-aset yang telah di bangun oleh provinsi, kemudian juga penarikan PAD-nya kebersihannya,” ungkapnya dikonfirmasi belum lama ini.

Menurutnya, Pemkot Kendari mengambil alih pengelolaan Eks MTQ saat ini masih dalam penjajakan.

“Dan PAD-nya sendiri nanti bagi hasil sebagian Pemkot Kendari yang mengelola dan sebagian bagi hasil yang punya aset yakni Pemprov Sultra,” beber Mantan Sekda Sultra ini.

Diketahui, pada Jumat (02/12/22) Pemkot Kendari bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) telah melaksanakan kerja bakti di kawasan Eks MTQ. Dimana dalam kerja bakti tersebut dipimpin langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu.

Asmawa Tosepu mengatakan, forkopimda yang dilibatkan dalam kerja bakti tersebut Lanal, Kodim, Polresta, Pengadilan Agama, dari OKP-OKP, dan DPRD Kendari.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak Gubernur Sultra Ali Mazi, yang sudah memberi kepercayaan kepada Pemkot Kendari untuk mengelola, menata kawasan tugu persatuan Eks MTQ ini,” terangnya.

Asmawa menyampaikan, dalam pengelolaan nanti, pihaknya akan menjadikan kawasan eks MTQ sebagai icon Provinsi Sultra secara umum dan icon Kota Kendari secara khusus.

“Jadi nanti di dalamnya Insya Allah akan disiapkan kawasan kuliner dan kawan  UMKM di Kendari,” ujar Pejabat Eselon II Kemendagri ini.

Reporter : Rahmat R.