KONAWESULTRA

Wakil Bupati Konawe Pimpin Upacara Hardiknas

4099
×

Wakil Bupati Konawe Pimpin Upacara Hardiknas

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat memimpin upacara hari pendidikan nasional. Kamis, 2/5/2019. Foto:Indras/Mediakendari.com/b

Reporter : Indras

Editor : Kang Upi

KONAWE – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara mempimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Konawe, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Konawe, Kamis (2/5/2019).

Dalam upacara yang dihadiri ribuan peserta dari ASN Pemda Konawe, pelajar jenjang SD, SMP dan SMA ini, Gusli Topan Sabara membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy.

Dalam sambutannya tersebut ditegaskan, bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional, sebagaimana tertuang dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dalam UU tersebut di Pasal 13 disebutkan, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Tema Hardiknas tahun 2019 adalah menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan,” papar Gusli.

Hal ini, lanjutnya, guna membingkai dan mempersiapkan hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan dimasa depan.

Ia juga mengajak peserta upacara, agar melalui momentum Hardiknas bisa mengkonsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat.

“Ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” terangnya.

Baca Juga :

Atas nama pemerintah, papar Gusli, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, dan wartawan.

Selain itu, juga kepada kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

“Selamat Hardiknas. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,” tutupnya

Selain dari kalangan siswa dan ASN, upacara Hardiknas ini juga dihadiri jajaran pejabat Pemda Konawe seperti Sekda Konawe, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BAPPEDA, Kadis Kesehatan, dan pimpinan OPD lainnya. (A)


You cannot copy content of this page