NEWS

Wali Kota Baubau Minta Partisipasi Ormas Sukseskan Pemilu 2024

755
×

Wali Kota Baubau Minta Partisipasi Ormas Sukseskan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.

BAUBAU,MEDIAKENDARI.COM – Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ahmad Monianse meminta agar organisasi masyarakat (Ormas) turut berpartisipasi politik dalam menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Politisi PDIP itu mengatakan agar ormas dapat berpartisipasi pihaknya telah melakukan sosialisasi peningkatan kapasitas organisasi kemasyarakatan menjadi legitimasi agar pengelolaan organisasi kemasyarakatan memenuhi kaidah ormas yang sehat, mandiri, transparan professional dan akuntabel baik skala Kota Baubau, Sultra hingga Nasional.

“Kta semua dan seluruh rakyat indonesia harus mengawal bersama niat baik dan cita-cita luhur para pendiri, pengurus dan anggota ormas tersebut, dapat berjalan sesuai fungsi dan tujuan ormas sebagimana diatur dalam Undang-Undang,” ucap Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dalam keterangannya ditulis Jum’at, 24 Maret 2023.

Monianse menyebut, sejauh ini di pemerintah pusat sudah terdaftar 431.465 ormas. Sedangkan di Sultra, baru sebanyak 450 ormas. Menurutnya, organisasi semestinya dapat diorientasikan dan dikelola untuk mendukung percepatan pembangunan dan pencapaian tujuan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Ormas merupakan potensi kekuatan rakyat secara berkelompok yang didirikan dan dibentuk sukarela tanpa pamrih dan mandiri untuk bersama- sama masyarakat secara membangun masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia menambahkan pemerintah dan pemerintah Daerah dituntut harus mampu mengelola keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan antara hak kebebasan berorganisasi dan kewajiban-kewajiban dalam berorganisasi sebagaimana diatur konstitusi UUD 1945.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page