oleh

Warga Kendari Diedukasi Tangkal Penyakit Jantung

KENDARI – Jantung dan pembuluh darah kardiovascular menjadi pembunuh nomor satu di dunia, atas dasar itu Nutrive Benecol terus menggalakkan Gerakan Indonesia Jantung Sehat Tangkal Kolesterol di salah satu pusat perbelanjaan di kota Kendari, Sabtu (27/10/2018). Kegiatan tersebut sebagai upaya mendukung pencegahan dan pengendalian faktor resiko penyakit jantung koroner.

Salah satu pencetus kegiatan, Dr.Ervina mengatakan, masyarakat yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung perlu mengatur asupan garam. Selain itu, olahraga teratur juga diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung.

“Salah satu serangan jantung yakni kadar kolesterol yang tinggi, dimana banyak faktor yang menyebabkan kadar kolesterol seseorang meningkat, salah satunya kegemaran mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi seperti makanan bersantan,” ungkapnya.

Kata dia, berat badan berlebih, kurang berolahraga dan kebiasaan merokok juga dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.”Kolesterol itu yakni metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah,” jelasnya.

Lanjut Dr Ervina, makanan yang banyak memiliki kandungan minyak seperti gorengan, sayur yang bersantan dan tidak boleh mengosumsi daging berlebih. Sumber protein hewani seperti daging sapi, daging kambing yang mempunyai kadar lemak jenuh yang tinggi kerana Lemak jenis ini dapat meningkatkan kadar kolesterol.

“Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, dokter Ervina menyarankan rajin mengonsumsi Nutrive Benecol setiap hari, setiap habis sarapan dan makan siang. Sebab mengandung Plant Stanol Ester, sehingga mampu mengurangi penyerapan kolesterol dalam saluran cerna,” paparnya.
Ia menambahkan, bagi masyarakat yang menyayangi jantungnya harus selalu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dimana pola hidup sehat itu adalah suatu usaha yang di lakukan manusia untuk menjaga kesehatan baik itu jasmani maupun rohani. Dengan cara memperhatikan makanan dan rutinitas kegiatan sehari-hari.

“Mengkonsumsi makanan merupakan poin pertama yang harus kita jaga. Hal ini di karenakan faktor makanan yang sangat signifikan sekali terhadap kesehatan tubuh sehingga kita perlu memilih makanan yang sehat agar kita terhindar dari penyakit,” tutupnya. (b)


Reporter Waty