Warga Kota Kendari Hasilkan 290 Ton Sampah Per Harinya, Meningkat Dari Tahun Lalu

NEWS567 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari mencatat warga di Kota Lulo ini menghasilkan 290 ton sampah per harinya.

Data DLHK Kota Kendari mengungkap, total volume sampah yang dihasilkan warga tercatat naik dibandingkan catatan yang sama di tahun 2021.

Kepala Bidang Persampahan DLHK Kota Kendari, Adi Jaya Purnama, terjadi peningkatan pada periode pertama (P1) tahun 2022, dibandingkan P2 di 2021.

“Nanti kita bisa simpulkan di bulan Desember, tapi untuk gambarannya kami pastikan sampah tahun ini meningkat,” ungkap Adi Jaya Purnama , Rabu (21/12/2022).

Diungkapkannya, ditahun 2021 jumlah volume sampah mencapai 264 ton per harinya, sedangkan di tahun 2022 ini meningkat menjadi 290 ton per harinya.

“Ini disebabkan bertambahnya jumlah penduduk di Kota Kendari. Selain itu juga karena Kota Kendari menjadi kota tujuan masyarakat dari daerah disekitarnya jadi untuk peningkatan itu pasti ada,” kata Adi Jaya.

Penyebab lainnya, kata Adi Jaya, juga karena Kota Kendari saat ini menjadi pusat pendidikan dan jasa sehingga masyarakat daerah lain turut datang untuk menimba ilmu ataupun mencari pekerjaan.

Untuk mengatasi tingginya produksi sampah ini, lanjut Adi Jaya, pihaknya bakal memilah sampah yang bernilai ekonomi, untuk menjadi kerajinan ataupun diolah kembali.

“Jadi sampah itu diupayakan tidak langsung masuk ke TPA, tapi ada pemilihan untuk didaur ulang,” tutup Adi Jaya Permana.

Reporter: Dila Aidzin