oleh

Warga Wawotobi Khawatir “Dimakan” Kambing

-NEWS-500 dibaca

 

 

Reporter: Andis

KONAWE – Warga di Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe mengkhawatirkan serangan kambing yang berkeliaran tanpa pemilik, dan kerap memakan tanaman sayuran serta bunga milik warga.

Tidak hanya itu, kambing berjumlah puluhan yang berkeliaran liar hingga ke jalan raya itu juga kerap menyebabkan kecelakaan, khususnya pengendara roda dua yang terjatuh setelah menabrak kambing.

Warga setempat, Kisman (36) saat ditemui MEDIAKENDARI.com mengungkapkan, dirinya bersama warga lainnya sunggguh resah atas ulah hewan berjangkut berkaki empat tersebut.

Menurutnya, sudah tidak terhitung lagi jumlah pengendara yang jatuh di jalan raya di sekitar rumahnya, yang diakibatkan adanya kambing yang berlarian secara bergerombol di jalan raya.

“Jangankan tanaman bunga yang di teras, bahkan mungkin kalau kita lama-lama duduk di teras mungkin kita dimakan juga sama kambing,” tegas Kisman saat ditemui di kediamannya, Senin 5 April 2021.

Kekhawatiran warga ini sendiri dibenarkan, Yosep, Ketua RT 01 Kelurahan Wawotobi, Kecamatan Wawotobi, bahwa kambing yang entah siapa pemiliknya itu kerap menyebabkan kecelakaan.

“Sudah lama kambing itu berkeliaran, dan memang meresahkan pengendara, sudah sering terjadi kecelakaan bermotor, terlebih lagi di jalan poros seputaran pasar,” ungkap Yosep.

Dikonfirmasi masalah ini, Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Konawe, Jumrin mengaku akan segera melakukan sosialisasi penertiban hewan ternak, sebelum nantinya dilakukan penertiban tegas.

“Secepatnya saya akan tindaki persoalan ini, kita akan lakukan sosialisasi. Namun jika tidak ada tindak lanjut, mungkin kita langsung lakukan penertiban dengan cara penangkapan,” pungkasnya. /B

Terkini