NEWS

Wisata Sambil Olahraga di Kolam Renang Pantai Berova Kolut

907
×

Wisata Sambil Olahraga di Kolam Renang Pantai Berova Kolut

Sebarkan artikel ini

KOLUT, MEDIAKENDARI.COM – Pantai Berova, merupakan salah satau kawasan wisata andalan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sudah cukup dikenal publik.

Pantai ini berada di Desas Pitulua, Kecamatan Lasusua, Kolut, dengan akses jalan menuju ke lokasi wisata yang cukup baik dan dekat dari pusat kota, karena hanya membutuhkan waktu ±10 menit.

Kawasan Pantai Berova sendiri telah lama menjadi objek wisata bagi warga, namun baru di tahun 2018, kawasan ini booming dan mulai dikenal publik secara luas, setelah Pemerintah Kabupaten Kolut, melakukan penataan besar-besaran di kawasan ini.

Dengan penataan yang dilakukan, Pemda Kolut tidak hanya menata kawasan pantai tapi juga melengkapi sarana wisata dan fasilitas pendukung lainnya, seperti kolam renang, vila, taman bermain, kolam ikan, dan dermaga cinta.

Dari keseluruhan sarana yang ada, Kolam Renang Pantai Berova adalah salah satu sarana yang menjadi andalan dan cukup menyedot minat pengunjung untuk datang ke objek wisata ini.

Pasalanya, objek wisata kolam renang masih terbilang baru di daerah ujung barat jazirah Bumi Anoa itu. Dengan hadirnya Kolam Renang Pantai Berova, tentu menjadi hal baru bagi warga.

Kolam renang sepanjang 50 meter dan lebar 10 meter ini menjadi spot utama di destinasi wisata alam Pantai Berova ini. Kolam renang ini merupakan jenis kolam renang olympic. Jadi kolam renang ini khusus untuk orang dewasa.

Pada bagian tengah kolam disediakan sebuah pembatas. Kolam ini pernah dijadikan sebagai tempat perlombaan renang dalam rangka Pekan Olahraga Provinsi / Porpov pada tahun 2018.

Sebelum diubah menjadi kolam renang, area sekitar Pantai Berova ini berupa rawa – rawa yang dipenuhi dengan tanaman air dan semak belukar, yang lalu dibabat habis dan dijadikan sarana wisata.

Selain itu, Pemkab Kolut juga memperbaiki akses jalan raya menuju lokasi, hingga fasilitas yang ada di dalamnya, semua dipermak ulang dan dipercantik. Jalur jalan yang beraspal mulus, menyebabkan lokasi ini mudah dikunjungi ratusan warga setiap minggunya.

Meski berada di pesisir, Kolam Renang Pantai Berova yang hanya sejauh 50 meter dari bibir pantai, namun air di kolam renang ini diisi air tawar, untuk menghadirkan kesan berbeda dengan air laut.

Malah, dengan keberadaan kolam renang menjadi pilihan pengunjung yang memilih menyegarkan badan setelah seharian bermain di laut yang kondisi airnya asin dan membuat kulit menjadi kering.

Pada 2015, pantai ini memecahkan rekor MURI dengan penanaman serentak 33 ribu terumbu karang. Hingga saat ini, Pantai Berova memiliki spot diving, dengan karang jenis subcoral dan coral serta berbagai jenis ikan.

Malah, di dekat pantai Brova ada spot Pasittodo, yang berarti gugusan karang luas. Ada saatnya dalam setahun, karang ini akan muncul di tengah laut dan menjadi spot memancing yang diburu para nelayan.

Jika ingin menginap, wisatawan bisa membawa perlengkapan camping. Namun, ada vila yang bisa disewa untuk ukuran 10 orang, disewakan Rp500 hingga Rp700 ribu per malam.

Sarana tersebut menjadi daya tarik bagi wisatwan hingga saat ini, yang masih terus memadati kawasan wisata ini khususnya pada hari libur atau pada hari-hari besar tertentu. ADV

You cannot copy content of this page