Sepinya pengunjung di pantai dikarenakan cuaca buruk

Pergantian Tahun, Sejumlah Wisata Pantai di Sultra Sepi Pengunjung

Redaksi

KENDARI – Setiap pergantian tahun baru, sejumlah destinasi wisata Pantai di Sulawesi Tenggara (Sultra) selalu ramai dikunjungi wisatawan. Namun, untuk tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, padahal setiap memasuki libur natal dan pergantian tahun, sejumlah pantai selalu disesaki wisatawan.

iklan KOminfo

Sepinya pengunjung di pantai dikarenakan cuaca buruk yang disertai angin cukup kencang yang terjadi selama sepekan terakhir ini membuat perairan di Sultra bergelombang.

Kondisi ini membuat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan himbauan kepada masyarakat akan cuaca ekstrim itu.

Kondisi ini juga berdampak pada merosotnya pendapatan para pedagang di pantai, Sainab (38) salah satu pedagang di Pantai Taipa, Kabupaten Konawe Utara (Konut) mengaku bingung, sebab biasanya setiap tahun baru menjadi waktu panen bagi dirinya dan pedagang lainnya.

“Biasanya kalau tahun baru pantai Taipa selalu ramai dan pengunjunggnya membludak, tapi ini sangat sepi. Akhirnya jualan kami hanya sedikit yang laku,” kesal Warga Kecamatan Sawa itu.

Kondisi ini juga diakui Basarnas Kendari, berdasarkan hasil pantaun dan pengamanan yang dilakukan Basarnas Kendari, beberapa tempat wisata di Sultra terlihat sepi dibandingkan pada perayaan tahun baru sebelumnya.

Padahal pihak Basarnas sebelumnya memperkirakan pengunjung di sejumlah pantai akan membludak, tetapi fakta dilapangan relatif normal.

“Pengamanan obyek wisata dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru ini berlangsung lancar, meskipun beberapa tempat wisata di Sultra terlihat sepi pada perayaan tahun baru ini,” terang Humas SAR Kendari, Wahyudi melalui rilis yang dikirim di Whattasup, Rabu (2/1/2019).

Kata dia, adapun tempat wisata yang menjadi titik pantauan SAR Kendari yakni Pantai Batu gong, Nambo, Toronipa, Taipa, Pudonggala, Bokori dan Boro-boro.

Sementara Pos SAR Kolaka melakukan pantauan di Pantai Pitura, dan Tamborasi. Pos SAR Baubau memantau Pantai Gading, Lakeba, Kabura burana, Bali Blessing dan Little Bali, Pos SAR Wakatobi memantau Pantai Cemara, dan Pos Siaga SAR Sorowako memantau Pantai Lemo.

“Untuk jumlah personil yang disiagakan selama libur natal dan tahun baru ini berjumlah 105 orang,” tutup Wahyudi.


Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe