oleh

Wisatawan Pulau Bokori dan Pantai Toronipa Diprediksi Bakal Meningkat

-NEWS-413 dibaca

Reporter: Betirudin
Editor: Kardin

KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) memprediksi destinasi wisata pantai toronipa dan pulau bokori akan meningkat pesat di tahun 2020 ini.

Hal itu sebagaimana disampaikan dalam rapat kerja pembangunan dan pengembangan destinasi wisata oleh DPRD Sultra bersama Dinas Pariwisata serta Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, di Gedung Sekretariat DPRD Sultra, pada Selasa (21/01/2020).

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Sultra, Panca mengatakan, di Januari 2020 ini banyak wisatawan ke pantai toronipa dan pulau bokori dengan jumlah 2000an kendaraan motor, sedangkan mobil sebanyak 150 unit.

“Uang masuk pariwisata untuk pantai toronipa motor sebesar Rp 10 ribu sedangkan mobil itu hanya Rp 30 ribu satu unit, ini merupakan harga yang standar,” ungkapnya.

Hal itu katanya, berbeda dari tahun 2019 lalu yang sepi pengunjung dan tidak mencapai target akibat adanya bencana di Palu, Sulawesi Tengah.

“Di tahun lalu itu sangat kurang bahkan tidak mencapai target. Salah satu pemicunya adalah adanya himbauan untuk tidak berwisata pada area pinggir laut akibat bencana di Palu,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas SDA dan Bina Marga, La Ode Rahman menuturkan, untuk menunjang fasilitas wisata, pihaknya akan memperbaiki jalan yang sudah ada kemudian membangun akses jalan pariwisata yang luas.

“Dua kawasan pariwisata ini sangat strategis. Ada keuntungan dari masyarakat yang diperoleh, maka perlu kita kelola dengan baik,” paparnya. (b)

Terkini