oleh

Wujudkan Data Statistik yang Akuntabel, Diskominfo Konsel Bakal Luncurkan Aplikasi Elektronik Statistik Sektoral

 

Reporter:Erlin

 

KENDARI – Dinas Kominfo dan Sandi Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bakal meluncurkan aplikasi Elektronik Statistik Sektoral, untuk mewujudkan format data statistik valid dan akuntabel.

 

Rencanan peluncuran aplikasi tersebut dibahas secara komperhensif dalam Forum Group Discussion (FGD) antara Dinas Kominfo dan Sandi Konsel serta Badan Pusat Statistik (BPS) Konsel.

 

Sekda Konsel H.Sjarif Sajang dalam sambutan pembukaan FGD menegaskan, data statistik sektoral di butuhkan bagi perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi dalam penyelenggaraan pembangunan wilayah Konsel.

 

“Dengan data statistik sektoral perencanaan suatu pembangunan akan berjalan sesuai realitas, sehingga tercipta kebijakan yang tepat sasaran,” terang Syarif dalam keterangan pers, Diskominfo Konsel, Rabu 10 Maret 2021.

Menurutnya, FGD juga bertujuan menyamakan persepsi tentang pengumpulan dan penyajian data sektoral lingkup OPD Pemda Konsel dengan BPS Konsel, sesuai Perpres nomor 39 tahun 2019.

 

“FGD Ini awal yang baik dalam melahirkan satu data base, seperti data sosial ekonomi, perdagangan dan lain lain. Sehingga nantinya terwujud format data statistik valid dan akuntabel,” jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Data Center Diskominfo Konsel Awaluddin menyampaikan, FGD akan dilaksanakan mulai 9 – 10 Maret 2021, dengan diikuti 40 peserta dari OPD dan Bagian lingkup Pemda Konsel.

 

Dijelaskannya, sinergitas bersama BPS dan akan terus dibangun. Dimana kedepannya Pemda akan membuat aplikasi elektronik statistik sektoral bagi OPD yang menjadi produsen data.

 

“Sehingga BPS selaku mitra pemerintah tidak mendata manual tinggal membuka link website yang tersedia. Dengan aplikasi ini BPS dan Pemda tidak membuang energi ke kantor-kantor meminta data, cukup cek link saja yang juga akan dikoneksikan ke website BPS,” terangnya.

 

“Ini merupakan langkah maju dan satu satunya di Indonesia, pungkas Awal, yang sekaligus Konsel mencatatkan dirinya sebagai pioner pembangunan aplikasi elektronik statistik,” tambahnya.

 

Turut hadir pembukaan FGD tersebut, Kadis Kominfo dan Sandi Konsel Anas Mas’ud, Kepala BPS Konsel Muh Amin serta Kabid Integritas Pengolahan dan Desiminasi Statistik BPS Provinsi Sultra Fathur Rohman. /C

Terkini