HEADLINE NEWSKONAWE SELATANSULTRA

Wujudkan Desa Maju Konsel Hebat, Ini Program Kades Telutu Jaya

818
×

Wujudkan Desa Maju Konsel Hebat, Ini Program Kades Telutu Jaya

Sebarkan artikel ini
Kades Telutu Jaya Nanang Firdaus, saat mengadakan Pelatihan Kader pemberdayaan. (Foto : Erlin/Mediakendari.com)

Reporter : Erlin

Editor : Taya

TINANGGEA – Dalam rangka mewujudkan desa maju Konawe Selatan (Konsel) hebat, sejumlah kepala desa terus melakukan berbagai program untuk meraih hal tersebut. Salah satunya di Desa Telutu Jaya.

Desa yang dipimpin Nanang Firdaus ini dihuni oleh 2.403 jiwa penduduk dari 693 Kepala Keluarga (KK). Mereka mayoritas berprofesi sebagai petani dan sebagian lagi berprofesi pedangan, pengusaha jasa dan nelayaan.

“Untuk Petani yang mengolah sawah itu sebanyak 258 KK, kemudian petani Kelapa 114 KK, petani palawija 20 KK, Nelayan 87 KK dan sisanya pedagang eceran, meubel, bengkel ASN dan lain-lain,” Urainya Kamis, 28/2/2019.

Untuk menunjang pertanian lanjut Nanang, pihaknya akan membuka lahan baru untuk akses jalan produksi perkebunan sepanjang 7 Km. Hal ini bertujuan untuk memperlancar distribusi hasil panen kelapa dan padi di wilayah dusun I,II dan IV.

“Selain itu kami juga mengadakan benih padi varietas unggul sebagaimana telah diperkenalkan Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Konsel,”jelas Kang Nanang sapaan akrab Kades Telutu jaya.

Untuk memberdayakan warganya, dalam menunjang tagline Konsel sebagai Desa Maju Konsel Hebat. Pihaknya mengadakan pelatihan kader pemberdayaan yang diselenggarakan secara swakelola oleh desa. Menurut Nanang, dengan melatih kader-kader milenial di desa agar mampu memotivasi masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari di bidang ekonomi, sosial budaya, kesehatan, pendidikan dan keamanan desa.

” Seperti, penanganan dan pencegahan stunting melalui penambahan makanan tambahan yang bergizi bagi balita, dan anak sekolah. Dan penambahan nutrisi melalui sumber protein dan serat bagi ibu hamil, nifas dan menyusui,” paparnya. (A)

You cannot copy content of this page