KendariNEWSPELUANG BISNISPemerintahanPROV SULTRA

25 Perusahaan Siapkan 1257 Loker, Pj Gubernur Sultra Harap Prioritaskan Pekerja Lokal

971
×

25 Perusahaan Siapkan 1257 Loker, Pj Gubernur Sultra Harap Prioritaskan Pekerja Lokal

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto berharap dari 25 perusahaan yang menyiapkan 1257 lowongan kerja (loker) melalui Pameran Bursa Kerja (Job Fair) tahun 2023, perusahaan tersebut memprioritaskan pekerja lokal di Sultra.

“Pada kesempatan ini, saya juga mendorong perusahaan lainnya untuk memberi kesempatan bagi pencari kerja. Keberadaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang harus memfasilitasi kesempatan lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal agar memiliki kesempatan kerja,” ungkap Andap saat menghadiri kegiatan job fair, Rabu 29 November 2023.

Andap juga berharap agar semakin banyak perusahaan yang membuka ruang kesempatan bagi penyandang disabilitas seperti yang dicontoh KemenkumHAM RI yang membuka lamaran bagi penyandang disabilitas sebagaimana amanat undang-undang bahwa instansi pemerintah wajib mengalokasikan paling sedikit 2 persen untuk penyandang disabilitas. Untuk perusahaan swasta 1 persen dari total alokasi kebutuhan perusahaan.

“Saat ini terdapat 2 dari 25 perusahaan yang menerima tenaga kerja disabilitas. Kegiatan Pameran Bursa Kerja ini sebagai komitmen dan langkah nyata untuk memperjuangkan lapangan pekerjaan bagi rakyat Sultra yang tentunya sesuai dengan bakat, minat, serta keahliannyanya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menekan angka pengangguran,” katanya.

Ia menambahkan Kepala OPD agar melakukan tiga langkah agar peluang mengurangi pengangguran dan membuka loker yakni identifikasi dan lakukan pendataan ketersediaan lowongan pekerjaan, informasikan kepada masyarakat mengenai ketersediaan lowongan kerja yang ada dan lakukan berbagai terobosan kreatif dalam rangka membekali keahlian dan keterampilan teknis bagi generasi muda melalui kegiatan pengembangan kreativitas.(red)

You cannot copy content of this page