METRO KOTAPENDIDIKAN

Asesmen Akhir Berbasis Digital Di SMPN 5 Kendari Berlangsung Lancar

754
×

Asesmen Akhir Berbasis Digital Di SMPN 5 Kendari Berlangsung Lancar

Sebarkan artikel ini
Kepala SMPN 5 Kendari, Asmuddin. Foto Ronas/Mediakendari.com

KENDARI, Mediakendari.com – Asesmen akhir berbasis digital di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Kendari, yang di ikuti sebanyak 418 siswa berlangsung lancar. Hal itu sebagaimana dikemukakan Plt. Kepala SMPN 5 Kendari, Asmuddin saat ditemui, Selasa 14 Mei 2024 di ruang kerjanya.

“Alhamndulillah pelaksanaan asesmen akhir berbasis digital di sekolah sini, sejak tanggal 13 Mei 2024 kemarin, berlangsung lancar. Dengan jumlah bilik 2. Pelaksanaan asesmen akhir ini sampai tanggal 17 Mei 2024,” ujarnya.

Lanjut Asmuddin, mata pelajaran dalam asesmen akhir siswa kelas 3 itu, yaitu Pendidikan agama, Bahasa Indonesia, Matematika, PKN, IPA, Seni Budaya, Bahasa Inggris, IPS, PJOK dan Prakarya.

“Pengawas dalam asesmen akhir ini, yaitu berasal dari luar sekolah. Dalam pelaksanaan asesmen akhir juga, pengawas dibantu oleh tekhnisi yang berada di luar ruangan. Tekhnisi itu dari internal sekolah untuk mengantisipasi bila ada hal- hal misalnya anak- anak ada kendala- kendala. Walaupun juga ada operator utama yang standbay untuk memastikan kelas- kelas untuk pelaksanaan ujian dengan sebaik- baiknya,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebelum final asesmen itu, sebelumnya telah dilaksanakan gladi untuk mewadahi anak- anak dalam rangka untuk mendekatkan mereka pada model- model pelaksanaan ujian.

“Untuk sarana IT, jaringan kami siapkan Wifi dan juga siswa menyiapkan cadangan di HP masing- masing. Apabila ada anak yang tidak mengikuti ujian utama, mungkin sakit atau berhalangan, ada peluang untuk mengikuti ujian susulan minggu depannya,” ungkapnya

Lebih lanjut Ia mengatakan, asesmen akhir itu, bagian dari salah satu syarat kelulusan. Dimana nilai standar syarat kelulusan rata- rata umumnya mencapai 70 keatas. Untuk akumulasi dari seluruh jenis- jenis nilai, seperti nilai rapor sebelumnya, pertimbangan kegiatan- kegiatan di kelas 9 semester 1 dan pembelajaran di semester 2 serta tingkat kehadiran.

“Harapannya asesmen akhir berbasis digital ini untuk melatih anak- anak untuk bisa menguasai pembelajarannya dan bisa berteknologiria,” tutupnya.

Reporter: Ronas

You cannot copy content of this page