Asmawa Tosepu Umumkan Nominasi Pemenang Sayembara Desain Gerbang Batas Kota Kendari

NEWS403 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah mengumumkan pemenang sayembara desain gerbang batas Kota Kendari.

Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat diwawancarai pada Rabu, (07/12/22) mengatakan pengumuman ini telah dilakukan sejak 3 Desember 2022 dengan nominasi hingga juara harapan.

“Ini berdasarkan penilaian tim juri yang dibentuk secara independen yang keanggotaannya baik dari unsur pemerintah, tokoh masyarakat, unsur tokoh budaya, dan unsur perguruan tinggi. Jadi terwakili secara keseluruhan,” katanya.

Dia melanjutkan, dalam penentuan nominasi pemenang sayembara desain gerbang batas Kota Kendari ini, tiga parameter utamanya adalah memiliki desain modern, minimalis, dan kearifan lokal.

“Unsur modern ada karena dunia terus berkembang dimana kita telah masuk pada era industri 4.0. sehingga modernitas sangat penting yang menggambarkan suatu kota yang maju,” bebernya.

“Selain itu desain minimalis menjadi penting agar gerbang itu tidak menggangu ketertiban berlalulintas. Selain itu unsur kearifan lokal menjadi unsur yang nilainya sangat besar karena nilai budaya, Seni yang ada untuk ditampilkan,” tambahnya.

Dia mengungkapkan setelah adanya nominasi ini, hasil yang dinyatakan menjadi nominasi pemenang itu menjadi hak Pemkot Kendari dan bisa jadi akan ada kombinasi dari seluruh pemenang menjadi satu gerbang batas Kota Kendari.

“Karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak ada yang mutlak akan digunakan. Kita akan gabungkan seluruh kelebihannya terlebih lagi untuk tiga aspek tadi,” katanya.

Ketua tim penilai ini juga menegaskan desain ini akan menjadi prototipe seluruh gerbang yang ada di kota Kendari yang terdapat di tujuh titik.

“Diantaranya itu gerbang ranomeeto, Puuwatu, soropia, konda, Moramo. Itu termasuk akan menjadi prototipe gerbang masuk gedung kantor wali kota ini,” tutupnya.

Adapun pemenang sayembara tersebut adalah Muh. Irsyad keluar sebagai juara 1 dengan nilai 76,07, Muhammad Arsalan sebagai juara 2 dengan nilai 75,12, Achmad Syarifuddin sebagai juara 3 dengan nilai 68,78 dan Dr Basrin Melamba sebagai juara harapan dengan nilai 66,26.

Reporter: Dila Aidzin