NEWSPROV SULTRA

ASN Pemprov Sultra Diminta Tingkatkan Kedisiplinan dan Kebersihan

874
×

ASN Pemprov Sultra Diminta Tingkatkan Kedisiplinan dan Kebersihan

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) diminta meningkatkan kedisiplinan dan juga menjaga kebersihannya.

Hal itu disampaikan Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, La Ode Fasikin selaku staf ahli Gubernur Sultra saat memimpin apel gabungan lingkup Pemprov Sultra di Halaman Kantor Gubernur, Senin 08 Januari 2024.

“Saya selaku staf ahli Gubernur bidang Pemerintahan diamanahkan untuk menerima apel pagi. Ada beberapa poin yang disampaikan oleh pimpinan kepada kita semua yaitu pertama pada tahun 2024, pada hari ini sudah memasuki minggu kedua, diharapkan kepada kita semua di tahun 2024 ini kita dapat mengevaluasi diri kita semua baik di seksi, bidang maupun Dinas serta OPD masing-masing agar bagaimana kita meningkatkan kedisiplinan kita semua. Dalam refleksi tahun 2023 sudah kelihatan sejauh mana apa yang kita rencanakan dan sejauh mana yang kita inginkan, sudah kelihatan hasilnya,” ungkap La Ode Fasikin.

Menurutnya, bila masih ada kekurangan-kekurangan, berarti itu adalah perencanaan yang tidak maksimal, kedisiplinan pegawai yang penting dan sangat besar yang harus dimiliki, oleh semua pegawai karena merupakan tanggung jawab ASN di dalam penyelenggaraan pemerintahan. Ada dua kata yang tidak bisa terpisahkan yaitu tugas dan tanggung jawab

Fasikin mengimbau agar ASN melaksanakan tugas-tugas dan pekerjaannya sesuai dengan tupoksi masing-masing, baik di seksi maupun di bidang masing-masing agar yang dilakukan bisa selesai dengan baik. Sementara tanggung jawab adalah yang sifatnya amanah untuk ASN dalam menyelenggarakan pemerintahan sesuai dengan tupoksinya sehingga dapat dipertanggung jawabkan baik itu pertanggungjawaban di kemudian hari maupun pertanggungjawaban di hari kemudian.

“Dalam penyampaian pimpinan, kepada kita semua pada tahun 2024, kita akan menandatanggani fakta integritas, resolusi kinerja 2024 kepada semua OPD, sudah menampilkan kalender kinerja masing-masing dan itu menjadi kitab panduan referensi untuk di OPD agar tahun 2024 bisa terlaksana dengan baik. Kita mengevaluasi diri 2023, hal-hal yang sifatnya tidak terlaksana dan hal-hal yang sifatnya gagal itu menjadi catatan penting, untuk kita semua pada tahun 2024 tidak akan terulang lagi,” katanya.

Selain disiplin, Fasikin juga menyebut, sesuai araha pimpinan adalah tentang kebersihan lingkungan OPD Pj Gubernur merupakan pemimpin yang cukup disiplin, teratur, terarah ini merupakan satu kesempatan buat ASN Pemprov Sultra.

“Apa yang disampaikan oleh pimpinam, bagaimana kebersihan kantor kita di masing-masing OPD serta keteraturan- keteraturan parkiran dan sebagainya ini menjadi perhatian para OPD. Tadi saya disampaikan melalui WA ini penekanan khusus, tidak ada tawar-menawar setelah selesai apel ini agar para OPD berdiskusi dengan yang membidangi tentang kebersihan. Apakah itu bagian umum, yang mengenai urusan dalam agar ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Ia menambahkan sebagai ASN pada tahun ini sudah terlaksana, nanti akan ada pesta demokrasi yang paling besar dan berat, dari sejarah bangsa Indonesia karena pelaksanakan pemilihan dua kali pemilihan Legislatif, Presiden dan Pilkada serentak pada tahun 2024 yang sudah berkali-kali disampaikan oleh Pj Gubernur melalui surat edaran, maupun dalam bentuk apel pada setiap hari seninnya agar netralitas ASN itu tetap terjaga dengan baik dan dilarang melakukan politik praktis.

“Nanti pada saat hari H di tempat TPS, baru kita menentukan bahwa ini adalah pilihan saya. Itulah penyampaian pada pagi hari ini, saya selalu menerima apel. Mudah-mudahan apa yang disampaikan tadi, terutama dalam kedisiplinan kita semua dan mudah-mudahan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

You cannot copy content of this page