PemerintahanPROV SULTRA

Asrun Lio : Kadis Kominfo Ridwan Badala Siap Wujudkan Misi Pj Gubernur Sultra Soal Pelayanan

1455
×

Asrun Lio : Kadis Kominfo Ridwan Badala Siap Wujudkan Misi Pj Gubernur Sultra Soal Pelayanan

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio menyampaikan pihaknya siap mewujudkan misi penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol Andap Budhi Revianto terkait peningkatan sistem pelayanan publik dari manual menuju sistem elektronik.

Asrun Lio menyebut, Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) melalui Kadis Kominfo Ridwan Badala akan dan siap menjadi instansi penggerak pelaksana program itu bersama Biro Administrasi Pemerintahan Setda Sultra, Biro Hukum, dan Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sultra yang didukung penuh oleh Andap. Akhirnya tahun 2023 pihaknya berencana mulai menerapkan hal tersebut.

Ia mengaku sejumlah instansi vertikal seperti Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Kemenkominfo RI, BSSN, Badan Kepegawaian Negara, dan Kemendagri juga bakal terlibat dalam persiapan implementasi  Rancangan Proyek Perubahan (RPP) itu.

“Untuk sumber keuangan akan dianggarkan mulai di APBD perubahan. Sedangkan untuk milestone jangka menengah maupun jangka panjangnya, akan dianggarkan pada tahun anggaran 2024,” ungkap Asrun Lio usai upacara hari kesaktian pancasila, Minggu 01 Oktober 2023.

Ia menjelaskan agar pelayanan berbasis elektronik berupa penerapan tanda tangan elektronik dapat terwujud tanpa kendala pihaknya juga bakal membuat regulasinya sebagai landasan hukum.

“Melalui RPP kemarin, berbagai persoalan hingga tantangan telah kita rinci untuk dijawab dan diimplementasikan. Terlebih yang menjadi mentor merupakan Pj Gubernur langsung, yang tidak lain Sekjen Kemenkumham RI sebagai pelaksana Sistem Surat Masuk dan Surat Keluar (SISUMAKER,red). Insya Allah Pemprov tidak mendapatkan tantangan berarti,” tuturnya.

Ia menambahkan pihaknya optimis nantinya Pemprov Sultra tak hanya mengikuti perkembangan teknologi saja, namun mampu menjadi pelopor pemerintahan berbasis elektronik yang efisien, transparan dan responsif kepada kebutuhan masyarakat.

You cannot copy content of this page