Audit BPK Dimulai, Kepala BKAD Konut: Kita Sudah Siap

KONAWE UTARA, NEWS95 dibaca

Reporter: Mumun
Editor: Kardin

WANGGUDU – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan pemeriksaan awal penggunaan anggaran tahun 2019 lalu di Kabupaten Konawe Utara (Konut), mulai Senin 3 Februari 2020.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konut, Marthen Minggu mengatakan, jika segala kebutuhan yang diperlukan dalam pemeriksaan BPK Sultra telah disipakan.

“Kita sudah siap. Ini baru pemeriksaan awal yang dicek itu administrasi. Tapi mau diperiksa fisik pun kita sudah siap,” katanya, Senin 2 Februari 2020.

Namun kesemuanya, lanjut Mantan Kepala Inspektorat Konut ini, menyerahkan kepada tim BPK Sultra apa mau diambil keseluruhan atau hanya sampel sebagian OPD.

“Sebentar ini kita audiensi bendahara keuangan dan barang. Kita sudah siapkan semua. Semua OPD sudah siap. Pada intinya kita siap di audit,” ujarnya.

Menurutnya, audit BPK untuk anggaran 2019 ini akan dilakukan sebanyak dua kali. Pemeriksaan awal pada Februari dan pemeriksaan ke dua dilakukan sekitar Maret 2020.

“Ini hari kan audit pendahuluan sekitar 20 hari. Setelah itu akan masuk pemeriksaan terinci apakah dua atau tiga bulan ke depan. Di situ akan dapat dilihat apa masuk kriteria WTP atau tidak,” tutup Marthen.