BAUBAUNEWS

Bandara Betoambari Baubau Diusulkan Masuk Nominasi Bandara Sehat

1089
×

Bandara Betoambari Baubau Diusulkan Masuk Nominasi Bandara Sehat

Sebarkan artikel ini
Bandara Betoambari Baubau.

BAUBAU, Mediakendari.com – Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Betoambari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) diusulkan masuk nominasi sebagai bandara sehat tahun 2024 oleh Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Kota Kendari.

Balai Kekarantinaan Kesehatan Kendari Kepala Wilayah Kerja Baubau, Alyas mengatakan Bandara Betoambari sebelumnya telah menyampaikan laporan Self Assessment untuk program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut.

Alyas mengungkapkan ada dua aspek yang bakal menjadi penilaian. Pertama, kegiatan yang meliputi penyelenggaraan kesehatan lingkungan, penataan sarana dan fasilitas, peningkatan prilaku hidup bersih dan sehat, keselamatan dan kesehatan kerja, serta keamanan dan ketertiban. Kedua, lembaga yaitu forum.

Ia mengaku dasar utama penilaian adalah manajemen Bandara dimana semua pintu masuk yang sudah memenuhi kriteria, diajukan dalam penilaian Bandara Sehat.

“Kami masih menunggu kesiapan Bandara Betoambari untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. walaupun kami juga menyiapkan beberapa dokumen,” ungkap Ilyas dalam keterangannya ditulis Senin, 05 Februari 2024.

Ia menjelaskan Bandara Sehat merupakan program rutin tahunan dari Kemenkes untuk untuk mewujudkan wilayah Pelabuhan dan Bandara yang tidak menimbulkan risiko kesehatan masyarakat. Penilaian diawali dengan penyampaian laporan Self Assessment serta verifikasi lapangan oleh tim penilai yang biasanya dilaksanakan akhir tahun. Pihaknya hanya sebagai fasilitator saja.

“Bandara sehat ini untuk mewujudkan kondisi wilayah Pelabuhan dan Bandara yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk komunitas Pelabuhan dan Bandara dalam melaksanakan aktivitasnya,” katanya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page