BAUBAUNEWS

Bandara Betoambari Mendukung Rencana Pemerintah Subsidi Rute Baubau-Kendari

731
×

Bandara Betoambari Mendukung Rencana Pemerintah Subsidi Rute Baubau-Kendari

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, Mediakendari.com – Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Betoambari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyambut rencana pemerintah kota (Pemkot) Baubau untuk memberikan bantuan subsidi penerbangan rute Kota Baubau-Kendari.

Kepala UPBU Betoambari, Anas Labakara mendukung langkah Pemkot Baubau untuk mengupayakan subsidi penerbangan dengan meminta bantuan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra. Ia pun berharap Pemprov Sultra mengamini hal itu.

“Kita harapkan Pemprov Sultra bisa memberikan bantuan keuangan. Bahkan akan lebih baik kalau Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra yang melakukan kontrak dengan maskapai penerbangan untuk mendukung Bandara Betoambari Baubau, Bandara Sugimanuru Muna dan Bandara Matahora Wakatobi. Jadi kalau Pemprov yang kontrak kita hanya menerima rutenya karena akan lebih fleksibel dalam hal pengaturan frekuensinya,” ungkap Anas dalam keterangannya ditulis Selasa, 30 Januari 2024.

Anas mengakui saat ini jumlah penerbangan rute Baubau-Kendari sangat minim. Ia menyebut, dari 72 seat yang disediakan hanya 11 seat yang terisi karena mahalnya harga tiket yang menyebabkan masyarakat tidak mengambil jalur penerbangan udara kendati lebih cepat tiba ke tujuan.

Sebelumnya, Pemprov Sultra berencana memberikan bantuan subsidi penerbangan rute Kendari-Wakatobi sehingga Anas berharap bantuan subsidi itu sekalian diberikan juga untuk rute Kendari-Baubau. 

Sebagai informasi, harga tiket rute Baubau-Kendari berkisar antara Rp 857 ribu hingga Rp 1,1 juta per seat. Dishub Baubau kemudian ingin menyubsidi sebesar Rp 550 ribu per tiket dengan jumlah subsidi 70 seat sekali penerbangan.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page