Bank Sultra Kucurkan Program Kredit “AMAN” Tanpa Bunga dan Agunan

NEWS604 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Bank Sultra bersama Pemkot Kendari mengucurkan program inovatif untuk mendorong geliat usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal di Bumi Anoa. Program dimaksud adalah Kredit AMAN (Iyamo Parasayai Rentenir).

Program Kredit yang diluncurkan Bank Sultra menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Pemerintah Kota Kendari ini dapat diakses pelaku usaha sebagai bantuan modal. Menariknya program kredit Bank Sultra diberikan UMKM tanpa bunga, tanpa agunan dan proses yang cepat.

Dalam rangka sosialisasi program Kredit AMAN ini maka diselenggarakan Coffee Morning UMKM Gathering Bank Sultra, Jumat (9/12/2022), dihadiri Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya serta pelaku UMKM di Kota Kendari. Acara tersebut dihadiri oleh pengusaha UMKM dari seluruh Kecamatan yang ada di Kota Kendari.

Dirut Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan program Kredit AMAN dikucurkan Bank Sultra sebagai bentuk dukungan bank daerah dalam memajukan UMKM lokal. Program ini juga bertujuan membantu masyarakat menghindari praktik pinjaman online dan rentenir yang banyak menjerat pelaku usaha.

“Dari pada ke rentenir bunganya tinggi, lebih baik meminjam ke Bank Sultra. Ini bukan bantuan, tapi kredit AMAN diberikan tanpa bunga, karena dibayarkan oleh Baznas,” jelas Abdul Latif dalam keterangan tertulisnya Minggu, 11 Desember 2022.

Bagi pelaku UMKM yang tertarik mengakses layanan Kredit AMAN Bank Sultra, proses pendaftaran dapat dilakukan di Dinas Perindagkop dan UMKM Kota Kendari, Bagian Perekonomian Pemerintah Kota Kendari dan Baznas Kota Kendari.

“Kalau selama ini pelaku usaha kesulitan mengakses kredit, ayo ke Bank Sultra. Jangan lagi percaya rentenir. Bank Sultra terbuka untuk UMKM. Sesuai komitmen kami, Bank Sultra hadir untuk berkontribusi dan memajukan ekonomi daerah,” pungkasnya.

Reporter: Sardin.D