BAUBAUNEWS

Berhasil, Dipertan Baubau Segera Panen Cabai Hasil Memanfaatkan Pekarangan Rumah Warga

657
×

Berhasil, Dipertan Baubau Segera Panen Cabai Hasil Memanfaatkan Pekarangan Rumah Warga

Sebarkan artikel ini
Cabai yang siap dipanen hasil memanfaatkan pekarangan rumah warga Kota Baubau.

BAUBAU, Mediakendari.com –  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dipertan) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) segera akan memanen hasil cabai yang ditanam memanfaatkan pekarangan rumah warga.

Cabai tersebut juga merupakan hasil gerakan menanam 1.100 bibit cabai yang diluncurkan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muhammad Rasman Manafi di delapan kecamatan pada Desember 2023 lalu.

“Sekarang penanaman sudah memasuki hampir tiga bulan dan setelah kita cek lapangan, cabai-cabai yang kita bagikan itu sudah mulai berbuah dan diperkirakan bisa menghasilkan 0,5 kg per pohon, sehingga kalau 1.100 pohon bisa 550 Kg di dapatkan masyarakat,” ungkap Kepala Dipertan Kota Baubau, Muhammad Rais dikonfirmasi Selasa, 20 Februari 2024.

Rais memperkirakan menjelang bulan suci ramadan, cabai dimaksud sudah bisa dinikmati oleh masyarakat sehingga inflasi dari harga cabai diharapkan dapat ditekan. Cara yang dipakai terbilang mudah karena pihaknya cukup menyiapkan bibit yang ditanam dalam wadah polybag. Sedangkan masyarakat tinggal menyediakan pekarangan rumahnya serta merawat cabai tersebut.

“Di tahun ini (2024) kita programkan kembali penanaman cabai dengan jumlah lebih banyak yakni 10 ribu pohon. Lokasi tanam tetap di pekarangan rumah warga. Kita rancang bulan mei atau juni waktu tanamnya karena waktu tersebut memang sudah masuk musim kering. Tapi saya yakin walaupun kemarau masyarakat bisa menjaga tanaman cabainya tetap aman karena hanya perlu satu timba air setiap harinya,” tuturnya.

Ia menambahkan bila penanaman 10 ribu bibit cabai itu berhasil maka pihaknya memprediksi hasil panen bisa mencapai 5 ton nantinya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page