ADVNEWS

Berkinerja Baik, Presiden Jokowi Apresiasi Pj Bupati Konawe

1798
×

Berkinerja Baik, Presiden Jokowi Apresiasi Pj Bupati Konawe

Sebarkan artikel ini

KONAWE, mediakendari.com – Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin Presiden RI, Joko Widodo, dengan mengumpulkan 197 Pj kepala daerah lainnya untuk mendengarkan arahan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 30 Oktober 2023.

Harmin Ramba menjelaskan kegiatan rakor ini membahas pemantapan penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik serta optimalisasi implementasi proyek strategis nasional, seperti isu yang diangkat terkait perekonomian, ketahanan pangan, hingga keuangan yang dipimpin Presiden RI yang juga didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan Menkeu Sri Mulyani.

Jokowi menyebutkan saat ini kondisi negara sedang tidak baik-baik saja, ini ditandai antara lain perubahan iklim dan perang untuk itu kepala daerah perlu melakukan antara lain kendali inflasi, melakukan penanganan dampak elnino, meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui ciptakan iklim investasi, bantu investor dalam pelayanan perizinan dan jaga iklim investasi.

Para Pj bupati juga diharapkan dapat mendukung program prioritas pemerintah seperti penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, hilirisasi industri, ekonomi (hijau & ebt), mendukung kelancaran pemilu seperti tidak intervensi penyelenggara.

Presiden juga menekankan pentingnya reformasi birokrasi, dengan menyederhanakan prosedur dan tata kelola terutama dalam pelayanan perizinan bagi investor.

Jangan sampai memihak, ASN netralitas, jaga kerukunan di tingkat bawah, kalau ada masalah laporkan ke pusat, masalah yang kecil tangani secara cepat dan tuntas,” terang Harmin Ramba menirukan ucapan Jokowi yang kepada Media Faktanews Selasa 31 Oktober 2023.

Usai menerima arahan presiden, para Pj bupati kembali ke Kemendagri untuk menerima arahan dari para menteri/kepala lembaga, yaitu Menteri Keuangan, Kepala Bapenas, Menteri PAN-RB, Menteri Pertanian, dan Menteri Kesehatan, selanjutnya diakhiri dengan penutupan Wakil Mendagri.

Pj Bupati Konawe mendapatkan apresiasi dari Presiden Jokowi setelah memaparkan kondisi Konawe dalam Dua bulan terakhir.

Selain itu, Kepala Negara juga mendorong pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Menurut Presiden, bantuan tersebut akan sangat membantu masyarakat.

Harmin Ramba juga mengatakan bahwa ia siap menjalankan amanah dan arahan Presiden dengan sebaik mungkin. Tutupnya.

You cannot copy content of this page