BREAKING NEWSKendariPROV SULTRA

Bimtek Pemanfaatan Flatform Digital Kemitraan KIM Tingkat Nasional di Sultra

379
×

Bimtek Pemanfaatan Flatform Digital Kemitraan KIM Tingkat Nasional di Sultra

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., hadir dan membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) wilayah Sulawesi dan wilayah Rencana Aksi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (RAN PPDT), berlangsung di Swiss Belhotel Kendari, Selasa 25 Juni 2024.

Kegiatan Bimtek tersebut, turut dihadiri Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dr. Hasyim Gautama, Ketua Tim Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Helmi Hafid, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sultra, Lis Indrayani, Kepala Dinas Kominfo Kab/Kota, para Penggiat Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kab/Kota Wilayah Sulawesi dan Wilayah (RAN PPDT) dan Penjabat terkait. Hadir pula secara daring Kominfo Provinsi/Kab/Kota se- Indonesia dan para Ketua dan anggota KIM se- Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. H. Asrun Lio.,M.Hum.,Ph.D, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar- besarnya kepada Direktorat Tata Kelola Informasi, Kemitraan Komunikasi Publik karena Provinsi Sulawesi Tenggara dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Wilayah Sulawesi Dan Wilayah Rencana Aksi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (RAN PPDT).

“Perkembangan teknologi yang begitu cepat tentunya sejalan dengan informasi yang diperoleh masyarakat. Sehingga diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi, agar informasi yang sampai kepada masyarakat adalah informasi yang baik dan positif,” tuturnya.

Lanjut Ia mengungkapkan, Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) adalah komunitas yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang secara mandiri dan kreatif melalui kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah taraf kehidupannya. sebagai lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan informasi. KIM memiliki arti yang penting sebagai mitra Pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam desiminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat.

“Cukup banyak Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Sulawesi Tenggara dan telah berhasil meningkatkan pengetahuan masyarakat di berbagai bidang melalui diseminasi, contohnya Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Graha Asri Watulondo Kota Kendari yang telah menorehkan prestasi nasional dengan kategori KIM INOVATIF pada Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFEST) tahun 2023 lalu di Kota Surabaya,” ujarnya.

Asrun Lio menabahkan, melalui Bimtek ini, diharapkan dapat semakin memperkuat peran strategis KIM.

“Saya juga berharap KIM dengan berbagai perannya, dapat ikut serta membantu Pemerintah Daerah dalam upaya mencerdaskan Bangsa, memberdayakan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui informasi yang positif,” terangnya.

Reporter : Ronas

You cannot copy content of this page