ADVPROV SULTRA

Biro Kesra Pemprov Sultra Sosialisasi PKSA

288
×

Biro Kesra Pemprov Sultra Sosialisasi PKSA

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Drs. Laode Saifuddin., M. Si membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) yang diselenggarakan oleh Biro Kesejahteraan Sosial (Kesra) Setda Prov. Sultra, di Plazainn Kendari, Senin, 08 Juli 2024.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Kepala Biro Kesra Setda Sultra, Kadis Sosial Prov. Sultra serta pejabat terkait lainnya. Untuk peserta Sosialisasi ini terdiri dari, para unsur Dinas Sosial Kab/Kota se-Sultra dan para unsur Bagian Kesejahteraan Rakyat Kab/Kota se- Sultra ditambah peserta dari OPD terkait.

Ketua Panitia, Hj. Nurhayati, S. Pd., M. Pd, menyampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Sosial RI Nomor: 15.A/HUK/2010 tentang Panduan Umum Program Kesejahteraan Sosial Anak. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan meningkatkan perlindungan anak dari ke keterlantaran, kekerasan, eksploitasi dan deskriminasi agar anak dapat mencapai hak-hak dasarnya.

Sementara itu, sambutan Sekda Sultra, Asrun Lio, yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Drs. Laode Saifuddin, M.Si, menyampaikan bahwa dalam program kesejahteraan sosial anak, memiliki bentuk upaya yang terarah, terpadu serta berkelanjutan oleh Pemerintah dan Masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial dan bantuan memenuhi kebutuhan dasar anak. Dimana pelayanan tersebut meliputi penguatan orang tua atau keluarga untuk kesejahteraan sosial anak.

“Perlu adanya upaya bersama dari berbagai pihak untuk memastikan bahwa setiap tatanan kehidupan dan penghidupan anak yang dapat menjamin pertumbuhan dan perkembangan dengan wajar baik secara rohani, jasmani maupun sosial” ujarnya.

Lanjut Ia mengungkapkan, anak juga mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, karena anak adalah tunas yang akan tumbuh dan berkembang menjadi bagian generasi penerus perjuangan dalam rangka pencapaian cita- cita bangsa. Sebagai implementasinya, maka anak perlu dirawat, dibina dan ditingkatkan kesejahteraannya agar dapat tumbuh dan mengembangkan kepribadian dan kemampuannya, serta keterampilan dalam melaksanakan peran dan fungsi dalam kehidupan sesuai pertumbuhan usianya.

“Kuantitas dan kualitas masalah kesejahteraan anak terlantar di prediksi akan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua dalam meningkatkan kesejahteraan sosial,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi itu, menampilkan dua narasumber atau pembicara, yaitu Dinas Sosial Prov. Sultra yang dipaparkan oleh Asbaha, S. IP, dengan tema “Peran Dinas Sosial Terhadap Kesejahteraan Sosial Anak”. Sementara untuk pembicara kedua dari Pemerhati Perempuan dan Anak yang juga selaku Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Prov. Sultra, Ibu Hj. Andi Intang Dulung, M. Hi dengan tema “Keluarga Sakinah Sebagai Basis Kesejahteraan Sosial Anak.

Kepala Biro Kesra Setda Prov. Sultra, Iwan Susanto, SE., M.Si. memberi sambutan sekaligus menutup acara, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Panitia, Narasumber dan para peserta yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik dan sangat dinamis.

“Saya berharap agar apa yang didapatkan pada sosialisasi ini dapat menjadi pengetahuan yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari- hari,” tandasnya.

Reporter : Ronas

You cannot copy content of this page