NEWS

BMKG Kendari Prediksi Potensi Cuaca Ekstrim Memasuki Bulan Puasa 2023, Ini Wilayahnya

743
×

BMKG Kendari Prediksi Potensi Cuaca Ekstrim Memasuki Bulan Puasa 2023, Ini Wilayahnya

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksikan akan terjadi cuaca ekstrim saat memasuki bulan puasa tahun 2023.

Cuaca ekstrim dapat berpotensi hujan sedang disertai guntur dan angin kencang pada tanggal 22 Maret diprediksi wilayah Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe, Konawe Selatan, Kendari, Bombana, dan Buton Utara.

“Awal-awal puasa masih terjadi cuaca ekstrim meski sifatnya itu spot atau lokalan. Namun perlu kita perhatikan di wilayah tersebut yang bisa berpotensi hujan sedang hingga lebat,” ucap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie kepada jurnalis yang MEDIAKENDARI.COM saat ditemui di ruang kerjanya, Senin. 20 Maret 2023.

Sementara tanggal 23 Maret diperkirakan berpotensi hujan sedang yang dapat disertai guntur dan angin kencang di wilayah Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe, Konawe Selatan, Kendari, Bombana, Buton Utara, Muna Barat, dan Konawe Kepulauan.

“Untuk wilayah Sultra masih memasuki musim penghujan karena kami prediksi awal musim kemarau itu di bulan Juli atau September,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk prediksi tinggi gelombang di perairan Sultra masih relatif baik berkisaran tinggi gelombang mulia 0,1 hingga 0,75 kilometer dan kecepatan angin dari 2 smpai 15 knot sehingga aktivitas diperairan baik atau aman.

“Kami menghimbau kepada masyarakat terkhusus yang berpotensi peningkatan curah hujan agar selalu waspada dan berhati-hati, karena potensi bencana seperti banjir, longsor, angin kencang, puting beliung, dan lain sebagainya masih terus berlangsung selama musim penghujan ini berakhir,” tutupnya.

Reporter : Hendrik

You cannot copy content of this page