NASIONALNEWSPemerintahan

BPN dan Pemkab Muna Barat Komitmen Bantu Kesejahteraan Warga Lewat Reforma Agraria

1385
×

BPN dan Pemkab Muna Barat Komitmen Bantu Kesejahteraan Warga Lewat Reforma Agraria

Sebarkan artikel ini

MUNA BARAT, Mediakendari.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) telah bergabung dalam Puncak Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional secara virtual, Senin 22 April 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional itu bertujuan untuk mendukung percepatan pelaksanaan Reforma Agraria guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Peserta zoom meeting membacakan komitmen bersama yang melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten Muna Barat, Rumah BUMN Muna Barat dan Pemerintah Desa Barakkah.

“Kami berkomitmen untuk bersinergi mewujudkan cita-cita Reforma Agraria dalam upaya mengurangi ketimpangan pemilikan tanah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap seluruh stakeholder yang hadir secara serentak.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan juga pemasangan puzzle sinergi Reforma Agraria oleh Pj Bupati Muna Barat yang diwakili oleh kepala Dinas Perumahan, kepala BPN Muna Barat Mohamad Zakaria, S.ST., M.Sc., koordinator Rumah BUMN Muna Barat, Aldirsas, Kepala Desa Barakkah, Saenal Abidin dan Kepala Dinas Perumahan Muna Barat.

Kepala Kantor BPN Muna Barat, Mohammad Zakaria, S.ST., M.Sc dalam sambutanya mengatakan, pelaksanaan reforma agraria terdapat dua agenda penting dalam pelaksanaannya. Diantaranya Penataan Aset dan Penataan Akses.

“Gerakan Sinergi Reforma Agraria hadir untuk menjadi pusat koordinasi dan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan dalam upaya mewujudkan reforma agraria yang berkelanjutan dan inklusif,” ujarnya

“Kami percaya bahwa melalui kerja sama yang kuat, kami dapat menciptakan perubahan positif dalam kehidupan petani, masyarakat di Muna Barat,” tutur Zakaria menambahkan.

Sementara itu, Penjabat (PJ) Bupati Muna Barat, La Ode Butolo melalui Kapala Dinas Pemukiman, La Ode Anwar Ono, S.Pi, menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan mengikuti kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional se-Indonesia, pemerintah Kabupaten Muna Barat siap mendukung sepenuhnya program yang dicanangkan oleh Kementerian ATR/BPN,” sebutnya.

Anwar berharap agar seluruh persoalan terkait sertifikasi kepemilikan lahan oleh warga dapat terselesaikan dan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan warga itu sendiri. Dia menekankan pentingnya penyelesaian masalah tanah di wilayah Bumi Laworoku.

Reporter: Erwino

You cannot copy content of this page