BREAKING NEWSINDONESIAKendariPERBANKAN

Buka Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2023, Plh Sekda Sultra Harap Kampanyekan Budaya Menabung

929
×

Buka Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2023, Plh Sekda Sultra Harap Kampanyekan Budaya Menabung

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto diwakili oleh pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Yuni Nurmalawati membuka kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK)  2023 mengusung tema ‘’Akses Keuangan Merata Masyarakat Sejahtera’’ yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra bersama Bank Indonesia dan  Industri Jasa Keuangan di Mall The Park Kendari, Jumat 27 Oktober 2023.

“Diharapkan dari kegiatan BIK ini adalah membuka akses keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat, mengkampanyekan budaya menabung di berbagai sektor industri jasa keuangan, meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan, mendorong pembukaan rekening serta penggunaan produk dan/atau layanan jasa keuangan, mempublikasikan program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen, dan meningkatkan aliansi strategis stakeholders terkait,” ungkap Yuni.

Ketua panitia kegiatan, Abdul Latif selaku ketua BIK Sultra menyampaikan bahwa bulan inklusi keuangan merupakan agenda nasional yang diselenggarakan secara terintegrasi, masif dan berkelanjutan  di seluruh wilayah Indonesia, dilakukan setiap tahunnya di bulan oktober oleh OJK yang diikuti oleh forum komunikasi industri jasa keuangan. Dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk atau layanan jasa keuangan serta mendukung akselerasi bagi penggunaan produk.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, Aryo Wibowo T Prasetyo mengatakan bahwa tiga aspek yang dapat meningkatkan Pemda digital yakni pertama aspek realisasi, kedua aspek implementasi, ketiga aspek lingkungan strategis, dari tiga aspek tersebut dapat menghitung APBDnya dari pajak dan retribusinya.

Sementara itu, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, Arjaya Dwi Raya menjelaskan sesuai instruksi Presiden bahwa OJK dan industri diberi amanah untuk meningkatkan literasi dan inklusi. Perhelatan  BIK tahun ini oleh OJK dikemas dalam bentuk FinExpo atau Financial Expo, dimana masyarakat dapat menyaksikan aneka pameran produk dan layanan jasa keuangan. Rangkaian FinExpo BIK rutin diadakan setiap tahun di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Provinsi Sulawesi Tenggara.

FinExpo bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat serta memberikan akses keuangan kepada masyarakat untuk mendapatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. FinExpo diikuti oleh berbagai lembaga jasa keuangan, seperti perbankan, asuransi, pasar modal, pembiayaan, dana pensiun, pegadaian, fintech dan e-commerce.

Dalam momen ini, juga sekaligus dilaksanakan Launching Qris BPD oleh Plh Sekda Sultra didampingi Ketua DPRD, Ketua OJK dan Ketua BIK, yang menandai penggunaan Qris BPD telah dapat digunakan. Hal ini juga diharapkan dapat berdampak pada perluasan jangkauan Qris di Sulawesi Tengggara. Dalam rangka mendukung prongran Bank Indonesia.(RD)

You cannot copy content of this page